Jumat, 24 Maret 23

Selebriti Jadi Bintang Iklan, Ampuh Jual Produk

Selebriti Jadi Bintang Iklan, Ampuh Jual Produk

Jakarta – MarkPlus Insight lewat survei Kataanda mengungkapkan lebih dari 80 % responden menyatakan , mereka peduli dan memperhatikan selebriti dalam sebuah iklan produk. Artinya, konsumen tertarik membeli produk, salah satunya dari tampilan selebriti yang jadi bintang iklam

MarkPlus Insight ini sudah dari tahun 1990, tetapi baru kali ini membuat platform online survey Kataanda, mengingat dunia riset iklan ini menarik.

”Sebenarnya survey ini sudah ada (rampung)Desember tahun 2014, tapi kita tidak berani, jadi harus bertanya dulu, karena kita belum yakin, tapi menurut saya dunia riset iklan ini menarik, “kata Chief Executive MarkPlus Insight, Taufik kepada Obsessionnews di Rits Calton Kuningan dalam acara Konfernsi Pers Brand Endorser Survey by Kataanda, bertajuk Efektifkah penggunaan selebriti dalam sebuah iklan produk

Dari Survey Kataanda, 7 dari 10 orang responden menjawab mereka pernah membeli sebuah produk hanya karena terpengaruh oleh selebriti yang tampil pada iklan produk tersebut.

Tapi di survey di India justru terbalik, semakin sering Bintang iklan/selebriti mempromosikan produk yang sama, tingkat pembelian produk tersebut semakin berkurang.

Seperti yang dipaparkan juga oleh Chief Operational of MarkPlus Insigh,Levina Yulianti mengenai survey teratas yang dipilih pemirsa Indonesia dalam memilih produk berdasarkan bintang iklan:

1. Produk berbentuk keuangan (financial) 6.18 %
2. Produk Rumah Tangga 6.20%
3. Produk elektronik 6.61 %
4. produk otomotif 6.69 %
5. Produk Makanan& minuman 6.79%
6. Produk Bidang Kesehatan 6.94%
7. Produk berbentuk gadget 7.25 %
8. Produk Wajah & tubuh 7.40 %

Menurut data survey Kataanda, untuk produk rumah tangga, responden lebih memilih selebriti yang berorientasi keluarga marriedor. Sebagai contoh, Irfan Hakim host sejumlah acara keluarga yang pemirsa utamanya adalah ibu rumah tangga.

Sementara itu , produk elektronik dan Gadget responden memiih Al-Ghazali, Darius Sinathrya dan responden wanita memilih Agnes Monica dan Dian Sastro

Kataanda.com juga merupakan survey yang melibatkan konsumen untuk berpatisipasi meningkatkan kualitas produk dan layanan. Setiap minggu kedepan disitus tersebut akan menayangkan survey iklan. (Popi Rahim)

Related posts