Selasa, 20 Oktober 20

Selamatkan Lingkungan, Cucu Usaha Pertamina Kelola Sampah

Selamatkan Lingkungan, Cucu Usaha Pertamina Kelola Sampah
* Tim CSR PDC bersama Komunitas Bumi Lestari siap melakukan pengolahan sampah menjadi produk bermanfaat (foto : Tim Humas PDC)

Musi Banyuasin, Obsessionnews.com – Cucu perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Patra Drilling Contractor (PDC) melakukan aksi kepedulian terhadap lingkungan. PDC menggandeng komunitas tani di Desa Babat Ramba Jaya, Musi Banyuasin, Sumatra Selatan
“Bumi Lestari”, untuk mengolah sampah atau limbah organik ini menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Corporate Secretary PDC, Budhi Kristianto mengatakan bahwa selama ini sampah seringkali menjadi masalah yang tak kunjung usai. Pengelolaan yang kurang pas dan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya yang masih rendah memberi andil yang sangat besar terhadap persoalan lingkungan. Menurutnya volume sampah yang dapat terangkut sampai ke TPA masih belum sebanding dengan sampah yang dihasilkan pada industri, rumah tangga atau perkantoran.

Oleh sebab itu PDC bersama komunitas setempat mengolah sampah-sampah tersebut menjadi  pupuk kompos yang berguna bagi pertanian masyarakat. Dengan upaya ini diharapkan persoalan lingkungan akibat sampah bisa dikendalikan sehingga pencemaran bisa dikurangi.

“Pengelolaan sampah tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah saja karena semua orang menghasilkan sampah. Pengolahan dan pemanfaatan limbah organik adalah suatu cara yang digunakan secara ramah lingkungan dan nantinya sangat bermanfaat membantu kesuburan berbagai jenis tanaman, baik sayur, buah ataupun yang lainnya,” kata Budhi dalam keterangannya, Senin (28/9/2020).

Lebih lanjut Budhi mengatakan bahwa di tempat yang sama PDC juga telah melakukan program CSR berupa pelatihan budidaya hortikultura. Pupuk yang dihasilkan dari program pengelolaan sampah tadi diberikan secara gratis kepada anggota komunitas untuk menyuburkan tanaman mereka. Sayur-sayuran yang dihasilkan kemudian dapat diserap PDC guna sebagai bahan pangan dalam project food and lodging (catering) yang menyediakan makanan untuk crew pengeboran.

“Ini menjadi sebuah cycle dalam semangat sinergi symbiosis mutualistis,” pungkasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.