Kamis, 25 April 24

Selamat Ulang Tahun ke-73, Semoga SBY Selalu Sehat dan Bahagia

Selamat Ulang Tahun ke-73, Semoga SBY Selalu Sehat dan Bahagia
* Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berulang tahun ke-73 pada hari ini, Jumat (9/9/2022). Pada tanggal yang sama Partai Demokrat yang penah dipimpinnya merayakan HUT-nya yang ke-21. (Foto: Twitter @PDemokrat)

Obsessionnews.com – Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berulang tahun ke-73 pada hari ini, Jumat (9/9/2022). Pada tanggal yang sama Partai Demokrat yang penah dipimpinnya merayakan HUT-nya yang ke-21.

 

Baca juga:

Mayjen TNI (Purn) Sardan Marbun, Staf Khusus Presiden Kesayangan SBY

AHY Sampaikan Kabar Gembira! Operasi Berjalan Lancar, SBY dalam Kondisi Stabil

SBY Didiagnosis Alami Kanker Prostat

 

 

SBY dilahirkan  di Kabupaten PacitanJawa Timur  9 September 1949 dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah. Dari silsilah ayahnya dapat dilacak hingga Pakubuwana serta memiliki hubungan dengan trah Hamengkubuwana II. Ketika masih berusia remaja, ia pernah tercatat sebagai salah satu anggota GSNI (Gerakan Siswa Nasional Indonesia), salah satu organisasi underbow PNI yang setara dengan PII (Pelajar Islam Indonesia) Masyumi.

Seperti ayahnya, SBY pun berkecimpung di dunia kemiliteran. SBY pernah menjadi Kasdam Jaya (1996, hanya lima bulan), Pangdam II/Sriwijaya (1996–1997) dan sekaligus Ketua Bakorstanasda, Asospol Kassospol ABRI/ Wakil Ketua Fraksi ABRI MPR (Sidang Umum MPR 1998), Kassospol ABRI/ Ketua Fraksi ABRI MPR (Sidang Istimewa MPR 1998), dan Kepala Staf Teritorial ABRI (1998–1999).

Karier militernya terhenti ketika ia diangkat Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1999. Pangkat terakhir SBY adalah Jenderal TNI sebelum pensiun pada 25 September 2000.

Pada Juli 2001 MPR RI memberhentikan Presiden Gus Dur. Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri kemudian naik menjadi Presiden. Presiden Megawati kemudian mengangkat SBY sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan. Pada 11 Maret 2004 SBY mengundurkan diri sebagai menteri karena akan maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2004.

Pilpres 2004 merupakan pilpres pertama di Indonesia yang langsung dipilih oleh rakyat. SBY menggandeng politisi Partai Golkar Jusuf Kalla (JK), dan diusung oleh Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Pilpres 2004 diikuti Wiranto-Salahuddin Wahid, Megawati-Hasyim Muzadi, Amien Rais-Siswono Yudo Husodo, SBY-JK, dan Hamzah Haz-Agum Gumelar. Duet SBY-JK memenangkan Pilpres 2004, dan mendapat amanah memimpin Indonesia pada periode 2004-2009.

SBY kembali maju sebagai capres pada Pilpres 2009. Kali ini ia berduet dengan mantan Menteri Keuangan Boediono. Di Pilpres 2009 SBY-Boediono diusung oleh Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Pilpres 2009 diikuti SBY-Boediono, Megawati-Prabowo Subianto, dan JK-Wiranto. Pasangan SBY-Boediono berjaya di Pilpres 209, dan memimpin Indonesia pada periode 2009-2014.

SBY terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dalam Kongres Luar Biasa di Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, Sabtu, 30 Maret 2013.

Selanjutnya jabatan Ketua Umum Partai Demokrat beralih ke tangan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), AHY terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat secara aklamasi dalam Kongres V Partai Demokrat 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (14/3/2020).

SBY menikah dengan Kristiani Herawati yang merupakan putri ketiga Jenderal (PurnawirawanSarwo Edhi Wibowo (alm). Komandan militer Jenderal Sarwo Edhi Wibowo turut membantu menumpas PKI (Partai Komunis Indonesia) pada tahun 1965. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai dua anak lelaki, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Partai Demokat melalui akun Twitter resminya, @PDemokrat, mengucapkan selamat ulang tahun ke-73 pada SBY.

“Selamat ulang tahun yang ke-73 Pak @SBYudhoyono. Semoga sehat dan bahagia selalu. #HBD21Demokrat HBD Pak SBY,” tulis akun Twitter @PDemokrat. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.