Selasa, 28 September 21

Sektor Industri Pengolahan Digeser, Sentra IKM Bakal Dibangun

Sektor Industri Pengolahan Digeser, Sentra IKM Bakal Dibangun

Jakarta, Obsessionnews – Sektor industri pengolahan non migas, mulai bergeser ke luar pulau Jawa. Kontribusi wilayah Sumatera dan kalimantan pun dinilai relatif cukup besar.

Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Euis Saedah mewakili Menteri Perindustrian pada pameran produk unggulan Sumatera dan Kalimantan 2015 di Plaza Pameran Industri, Kementerian Perindustrian di Jakarta, Selasa (19/5), mengatakan, pada 2008 sebanyak 24,63% industri pengolahan non migas digeser ke luar pulau Jawa. Sementara pada 2013, jumlahnya meningkat menjadi 27,22%.

Kontribusi wilayah Sumatera dan Kalimantan terhadap nilai tambah sektor industri non-migas nasional mencapai 23,90%. Namun, kontribusi tersebut lebih banyak disumbang Sumatera sebesar 20,63%, sedangkan Kalimantan menyumbang sekitar 3,27%.

“Oleh karena itu, potensi pengembangan industri khusus di wilayah Kalimantan masih sangat besar mengingat banyak sumber daya industri yang masih bisa dimanfaatkan secara optimal,” kata Euis.

Bagi wilayah Sumatera dan Kalimantan, Kemenperin akan memfasilitasi pembangunan tujuh kawasan industri prioritas yaitu Ketapang dan Mandor-Landak di Provinsi Kalimantan Barat, Batu Licin-Tanah Bumbu dan Jorong-Tanah Laut di Provinsi Kalimantan Selatan, Sei Mangkei-Simalungun dan Kuala Tanjung-Batubara di Provinsi Sumatera Utara, serta Tenggamus di Provinsi Lampung. Selain itu juga akan dibangun sebanyak 11 sentra IKM di wilayah tersebut. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.