Sabtu, 14 Desember 19

Sekda Berharap Rini Soemarno Bisa Mempercepat Pembangunan Wisata Kebumen

Sekda Berharap Rini Soemarno Bisa Mempercepat Pembangunan Wisata Kebumen
* Kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno ke Kebumen. (Foto: Humas Kementerian Kebumen)

Kebumen, Obsessionnews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang Sugiono menyambut baik kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno ke Kebumen pada Kamis (4/7/2019) kemarin. Ia berharap kunjungan itu bisa mempercepat pembangunan Kebumen di sektor pariwisata dengan adanya sinergitas antara pemerintah setempat dengan BUMN.

Menurutnya, Kebumen punya potensi wisata alam yang tidak kalah dari daerah-daerah lain yang sudah lama terkenal. Wisata alam Kebumen itu berupa pantai pasir putih yang bersentuhan langsung dengan pengunungan seribu di wilayah selatan. Belum potensi waduk, goa, air terjun, arum jeram dan wisata alam menarik lainnya.

“Dengan potensi wisata yang begitu bagus, Kebumen juga kabupaten yang letaknya strategis, dekat dengam Bandara Yogyakarta dengan estimasi perjalanan kurang lebih satu jam,” ujar Ujang saat dihubungi, Jumat (5/7)

Dengan begitu, Kebumen kata Ujang bisa menjadi daerah alternatif bagi para wisatawan yang ingin mencari sensai alam laut di Kebumen. “Dengan kedatangan Menteri BUMN dan beberapa dirktur BUMN, maka diharapkan perkembangan obyek wisata di Kebumen semakin maju. Investor menjadi tertarik untuk berinvestasi di Kebumen,” ujarnya.

Menurutnya, wisatawan di Kebumen tiap tahun terus mengalami peningkatan. Hanya ada beberapa spot wisata pantai dan pegunungan yang belum terkelola dengan baik karena tidak ada adanya invenstor. Wisata di sana masih dikelola secara mandiri oleh warga setempat. Ia berharap ada solusi dari pemerintah pusat untuk membantu mengembangkan Kebumen.

“Saya liat Ibu Menteri kagum dengan wisata di Kebumen. Kami yakin pemerintah pusat punya komitmen untuk ikut membangun potensi wisata daerah. Karena dengan semakin banyak wisatawan yang datang ke Kebume, masyarakat semakin sejahtera,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Rini mendorong BUMN untuk bersinergi memberikan dukungan bagi kemajuan pariwisata Kabupaten Kebumen. Hal ini diungkapkan Menteri Rini, saat mengunjungi objek-objek pariwisata daerah Kebumen.

Lokasi wisata yang dikunjungi antara lain, wisata bahari seperti Pantai Menganti, Goa Dempok dan Jatijajar. Kedua objek wisata goa ini merupakan dua dari delapan destinasi wisata favorit di Kebumen yang dikenal dengan Geopark Karangsambung Karangbolong yang tersebar di desa-desa di Kebumen.

“Saya menyaksikan sendiri objek-objek wisata di sini dan sangat potensial untuk terus dikembangkan. Saya juga mendorong BUMN untuk mengambil peran bagi kemajuan pariwisata di sini melalui program-program pemberdayaan ekonomi,” ungkap Menteri Rini.

Dalam pemberdayaan ekonomi, Menteri Rini mendorong agar produk-produk unggulan masyarakat Kebumen nantinya bisa dijual di Rumah Kreatif BUMN (RKB). Selain itu BUMN juga akan beresinergi dengan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur pendukung pariwisata seperti pembangunan homestay.

Sampai saat ini, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam mendukung perekonomian masyakarakat Kebumen.

Selain Pantai Menganti dan Goa Jatijajar, destinasi-destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi di Kebumen adalah Pantai Legending, Pantai Sawangan, Pantai Watu qq, Waduk Sempor, Banteng Van Der Wick dan Bukit Pentulu.

Menteri Rini juga menegaskan keberadaan objek-objek pariwisata ini pada akhirnya juga mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik lokal maupun manca-negara.

“Sekarang kita punya Bandara baru Kulon Progo. Keberadaan pariwisata di sini nantinya akan mendukung bandara baru tersebut. Dari Bandara Kulon Progo ke Kebumen bisa ditempuh 1-1,5 jam. Inilah yang kita harapkan, pengunjung sudah bisa ke Kebumen lewat Kulon Progo,” tutur Menteri Rini. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.