Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Segera Dibuka, Wisata Kebumen Hanya Untuk Warga Lokal

Segera Dibuka, Wisata Kebumen Hanya Untuk Warga Lokal
* Dari posisi tengah, Arif Sugiyanto saat mengecek kesiapan objek wisata Waduk Sempor. (Foto: Albar / OMG)

Kebumen, Obsessionnews.com – Kabar gembira dari Kebumen, Jawa Tengah, setelah berbulan-bulan perang melawan corona, Kebumen akhirnya mampu menyandang status zona hijau dengan tidak ada penambahan kasus baru, atau nol kasus corona.

Kabar ini sekaligus menandai akan segera dimulainya kembali seluruh aktivitas ruang publik di Kebumen dengan pola tatatan baru, atau new normal. Pertama yang sudah dibuka adalah tempat ibadah. Warga sudah bisa melaksanakan shalat berjamaah dan aktivitas lain di masjid-masjid.

Kedua, adalah tempat wisata, sektor ini akan segera dibuka dalam dua minggu ke depan. Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bahkan sudah mengadakan rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen Azam Fatoni, serta para pengelola wisata yang ada di Kebumen.

Rapat diadakan di Wisata Waduk Sempor, yang turut dihadiri oleh Sekda Kebumen, Asisten I, Dandim dan Kapolres pada Kamis (11/6/2020). Selain mengecak langsung kesiapan wisata Waduk Sempor, Arif menyatakan, bahwa rapat koordinasi ini diperlukan untuk menyamakan persepsi antara pemerintah dan pihak pengelola wisata.



“Kita perlu ada persamaan persepsi dalam rangka menyambut new normal ini, khususnya di sektor wisata baik antar pemerintah dan pihak pengelola karena kita tidak ingin wisata di Kebumen ini buka sendiri-sendiri tanpa adanya aturan dan protokol yang jelas,” ujar Arif.

Dari hasil rapat itu diputuskan bahwa semua pengelola wisata diminta untuk mengajukan surat kesiapan kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata tentang kesiapan pihak penggelola untuk membuka wisata. Setelah itu nanti akan diverifikasi kembali untuk segera diputuskan.

“Pihak pengelola sudah kita minta untuk ajukan surat untuk pembukaan wisata. Nanti kita verifikasi lagi kesiapannya,” jelasnya.

Dalam proses verfikasi itu, Pemkab Kebumen tetap meminta kepada semua pengelola wisata untuk menyiapkan aturan protokol kesehatan. Misalnya aturan jaga jarak di loket masuk, penyedian air bersih dan sabun untuk cuci tangan, pengecekan suhu, penggunaan masker dll.

Untuk mengantisipasi adanya gelombang kedua corona, Arif menyatakan, bahwa objek wisata Kebumen hanya akan dibuka untuk masyarakat lokal. Warga di luar Kebumen belum diperbolehkan untuk menikmati wisata Kebumen. Sebab, di wilayah lain masih ada kasus corona.

“Sementera hanya dibuka untuk warga lokal. Khusus warga Kebumen. Ini untuk antisipasi penjagaan agar tidak terjadi kepadataan dan penambahan kasus baru di Kebumen,” jelasnya.

Pastinya Arif menyatakan, yang terpenting saat ini adalah bagaimana semua masyarakat Kebumen mampu menjaga status zona hijau dengan terus berprilaku hidup sehat. Karena dengan menjalankan protokok kesehatan, Insya Allah seluruh aktivitas di ruang publik akan tetap normal. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.