Selasa, 28 September 21

Sedih! Thailand Gunduli Indonesia 5-0

Sedih! Thailand Gunduli Indonesia 5-0
* Rungrat Poomchantoek membobol gawang Indonesia U-23 dua kali pada partai semi-final SEA Games 2015. (goal.com)

Singapura – Nampaknya, gol perdana yang dilesakkan Rungrath mampu menjatuhkan mental skuat Garuda Muda.

Tim nasional Thailand U-23 kembali menunjukkan kedigdayaan mereka atas Indonesia U-23. Itu terlihat saat kedua tim bentrok pada laga semi-final SEA Games 2015 di Stadion Nasional, Kallang, Sabtu (13/6) malam.

Pada laga itu, Thailand U-23 menang dengan skor telak 5-0. Secara permainan, Thailand U-23 mendominasi semua lini. Serangan yang dibangun skuat asuhan Choketawee Promrut itu sulit dibendung Manahati Lestusen dan kawan-kawan.

Begitu pula lini belakang mereka sulit ditembus para penggawa Garuda Muda. Dan, salah satu pemain Thailand U-23 yang memiliki peran penting di laga ini adalah Rungrath Poomchantuek.

Dua gol yang dilesakkannya pada laga ini, membuktikan dirinya bukan hanya lihai dalam mengontrol permainan lini tengah ataupun sebagai pengumpan, tapi juga tajam dalam mencetak gol.

Terlebih, gol pertama Thailand U-23 yang dilesakkannya pada menit ke-12 membuat mental skuat asuhan Aji Santoso jatuh. Pergerakannya dalam menyisir sisi sayap juga sulit dihentikan dua full-back Indonesia U-23.

Tak jarang, beberapa kali baik Syaiful Indra Cahya maupun Vava Mario Yagalo dibuat tak berdaya dalam menahan pergerakannya. Melihat performanya itu, penggawa Chiangrai United ini pantas dinobatkan sebagai man of the match di laga ini.

Dengan hasil ini, Thailand U-23 bakal menantang Myanmar U-23 pada partai final di Stadion Nasional, Kallang, Senin (15/6) nanti. Sedangkan Indonesia U-23 akan menghadapi Vietnam U-23 dalam perebutan medali perunggu.

Thailand U-23 bakal menantang Myanmar U-23 di partai final SEA Games 2015.

Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23

Digunduli 5-0

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Thailand U-23 pada laga semi-final SEA Games 2015 di Stadion Nasional, Kallang, Sabtu (13/6) malam. Pada laga itu, Indonesia U-23 dilumat lima gol tanpa balas.

Dengan demikian, Thailand U-23 bakal menantang Myanmar U-23 pada partai final di tempat yang sama, 15 Juni nanti. Sementara Indonesia U-23 akan menghadapi Vietnam U-23 untuk memperebutkan medali perunggu.

Babak I
Thailand U-23 langsung menggebrak sejak menit awal pertandingan. Tendangan Chananan Pombubpha di depan gawang masih lemah, sehingga masih bisa diantisipasi kiper Indonesia U-23, Teguh Amiruddin.

Indonesia memberikan ancaman melalui tendangan bebas Syaiful Indra Cahya. Namun bola masih bisa ditepis kiper Thailand U-23, Sae Ear Chanin.

Thailand U-23 langsung merespons positif. Ya, mereka berhasil mencetak gol pada menit ke-12, melalui kaki Rungrat Phumichantuk yang memanfaatkan bola muntah di depan gawang Indonesia U-23.

Tertinggal satu gol, Indonesia U-23 mencoba menekan. Namun upaya yang dilakukan masih bisa diredam Sarach Yooyen dan kawan-kawan. Thailand U-23 kembali mengancam lewat tendangan kaki kanan Chananan, tapi bola masih menyamping di sisi kanan gawang Indonesia U-23.

Begitu pula tendangan kaki kiri Thitiphan Puangjan masih bisa ditepis Teguh. Thitiphan akhirnya kembali menggandakan keunggulan Thailand U-23 menjadi 2-0, pada menit ke-29 lewat sundulannya yang menyambut umpan sepak pojok.

Unggul dua gol, Thailand U-23 tak mengendurkan serangan mereka. Bahkan, mereka nyaris saja berhasil mencetak gol ketiga seandainya bola tendangan Rungrat tidak berhasil diblok Teguh.

Indonesia U-23 kembali memberikan ancaman melalui tendangan kaki kiri Paulo Sitanggang dari luar kotak penalti, namun masih melenceng dari gawang Thailand U-23.

Sepakan kaki kiri Peerapat Notechaiya juga masih bisa diblok Teguh. Hingga babak pertama usai, skor tetap 1-0.

Babak II
Memasuki babak kedua, Indonesia U-23 mencoba tampil lebih menekan. Namun upaya mereka masih bisa diredam skuat asuhan Choketawee Promrut. Bahkan, Thailand U-23 berhasil mencetak gol kembali pada menit ke-51, melalui sundulan Rungrat. Skor berubah 3-0.

Lima menit berselang giliran Narubadin Weerawatnodom yang menjebol gawang Teguh. Skor 4-0. Unggul empat gol, Thailand U-23 tetap tak mengendurkan serangan mereka.

Tekanan demi tekanan diberikan Thailand U-23 dari semua lini. Sesekali juga mereka melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tendangan kaki kiri Chanathip Songkrasin masih membentur tiang gawang.

Di lain pihak, serangan yang dibangun Indonesia U-23 masih mudah dibaca barisan pertahanan tim Gajah Perang. Songkrasin kembali memberikan ancaman lewat tendangan kaki kanannya. Namun kali ini masih belum berbuah gol.

Songkrasin akhirnya kembali membuat Indonesia U-23 tenggelam, lewat golnya pada menit ke-89. Skor kembali berubah 5-0.

Pada masa injury time, Syaiful Indra memberikan ancaman lewat sepakan kerasnya. Tapi masih bisa ditepis Sae Ear Chanin. Hingga pertandingan usai, skor tetap 5-0. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.