Senin, 29 November 21

Sediakan Energi ke Masyarakat, DKI Gandeng Pertamina

Sediakan Energi ke Masyarakat, DKI Gandeng Pertamina

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Pertamina sepakat menyediakan infrastruktur minyak dan gas serta energi terbarukan juga ketenagalistrikan. Tujuannya, mendukung pembangunan di wilayah ibukota.

Penandatanganan kerjasama tersebut, dilakukan Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di kantor pusat perusahaan plat merah tersebut, di Jakarta, Selasa (14/7).

Menurut Basuki atau Ahok, pihaknya menyambut senang kerjasama tersebut. Sebab, DKI Jakarta memang memerlukan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) yang nantinya bakal dimiliki ibukota sebanyak 7 koridor light rail transit (LRT).

“Lalu kami akan bangun superblok di Marunda, jadi kebutuhan listriknya juga sudah luar biasa,” kata Ahok.

Nantinya, Ahok bilang semua rumah susun di Jakarta wajib tersambung jaringan gas kota demi menghemat 40 sampai 50% penggunaan.

“Kita juga tak perlu lagi beli tabung gas,” katanya.

Kerjasama juga mencakup rencana pembangunan PLTG yang bakal dikerjakan BUMD setempat yakni PT Jakpro serta Pertamina, salah satunya di Kepulauan Seribu.

Dwi bilang, Pertamina siap menyediakan kebutuhan energi bagi DKI Jakarta utamanya dalam program konversi minyak ke gas serta energi terbarukan. Termasuk pula, menyediakan lebih banyak lagi stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di SPBU yang sudah ada.

“Bagaimanapun juga kita memiliki keterbatasan terhadap suplai bahan bakar minyak. Mau tidak mau pasti kita harus berubah dari minyak ke gas karena cadangan minyak berkurang,” tutur Dwi.

Sesuai kompetensinya sebagai perusahaan energi nasional berkelas dunia, menurut rencana Pertamina juga akan menyuguhkan produk berkualitas untuk digunakan di fasilitas milik Pemprov Jakarta. Misalnya saja penggunaan musicool atau refrigerant ramah lingkungan pada pilot project green bulding.

Dengan kesepakatan ini, kedua pihak berkomitmen mengoptimalkan pemanfaatan aset demi mendukung penyediaan energi bagi masyarakat.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.