Jumat, 21 Juni 19

Sederet Penghargaan Diraih Ani Yudhoyono Semasa Hidup

Sederet Penghargaan Diraih Ani Yudhoyono Semasa Hidup
* Almarhumah Ani Yudhoyono. (Foto: dream.co.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kristiani Herrawati atau dikenal dengan sebutan Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6/2019) siang pukul 11.50 waktu Singapura.

Istri dari mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini meninggal di rumah sakit tempat ia dirawat, National University Hospital, Singapura karena kanker darah. Dia didiagnosa menderita kanker pada Februari 2019 lalu dan sudah masuk pada stadium lanjut.

Untuk lebih dalam lagi mengetahui sosok ibu negara Presiden keenam RI ini, yuk kita simak rangkuman ini.

Ani lahir pada 6 Juli 1952, anak ketiga dari tujuh bersaudara pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hj. Sunarti Sri Hadiyah.

Dia menikah dengan SBY pada 30 Juli 1976, ketika SBY baru saja dilantik menjadi Perwira TNI dan menjadi lulusan terbaik.

Dia sempat kuliah Jurusan Kedokteran di Universitas Kristen Indonesia (UKI), tetapi pada tahun ketiga meninggalkan bangku kuliah karena pindah untuk mengikuti ayahnya yang ditunjuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan.

Setelah pulang ke Indonesia, ia menikah dengan SBY. Ani melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka dan lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Politik pada tahun 1998.

Kiprahnya di dunia politik juga cukup gemilang. Ani pernah memegang jabatan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Selain itu, dia juga aktif dalam kegiatan sosial di Persit Kartika Chandra Kirana (Persatuan Istri Tentara), Dharma Pertiwi, dan Dharma Wanita, selama SBY menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada era Pemerintahan Abdurrahman Wahid dan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan era Pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Di sela sela kesibukan Ani, ternyata dia juga aktif di berbagai oraganisasi, yakni:

– Pelindung Nasional Women Internasional Club (WIC)

– Pelindung Utama Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

– Pelindung  Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI)

– Ketua Kehormatan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis (PPTI)

– Penasehat Utama Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) dan Persatuan Istri Purnawirawan

Selain aktif di organiasi, Ani Yudhoyono mendapatkan beberapa penghargaan semasa hidupnya, yakni:

Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana tahun 2011, penghargaan berupa Pin Emas dari M. Yunus (Pemegang Nobel Perdamaian tahun 2006 dan pendiri Grameen Bank, Bangladesh tahun 2006), karena komitmen Ibu Negara mendorong serta mengembangkan UKM dan Kredit Mikro Indonesia melalui program (Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera) dan Indonesia Kreatif (PERKASSA)

Kemudian penghargaan berupa Certificate of Global Leadership dari The United Nations Environment Program (UNEP) untuk kepemimpinan Ibu Negara dalam program Gerakan Tanam dan Pelihara 10.000.000 (sepuluh juta) Pohon di seluruh Indonesia

Lalu penghargaan berupa Pin Emas oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan sebagai “Ibu Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Anak” dalam acara puncak peringatan Pekan ASI Sedunia tahun 2007

Selain itu semua, saat SBY menjabat sebagai kepala negara, tentu kita sering melihat dalam beberapa acara, Ani tampil sedang memegang kamera.

Selain itu beberapa hasil jepretannya pun sering diunggah dalam akun Instagram pribadinya. Hobinya tersebut banyak diapresiasi oleh masyarakat.

Puluhan bahkan ratusan ribu orang pun sering kali menyukai foto yang diunggahnya.

Mungkin itu yang dapat kami ulas tentang sosok Ani Yudhoyono. Yang kita semua tahu masyarakat Indonesia sedang berduka atas meninggal dunia Ani Yudhoyono pada 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura akibat kanker darah yang dia alami sejak 2 Februari 2019.

Jenazah Ani dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (2/6).

Selamat jalan Ibu Ani Yudhoyono, keluarga besar Obsession Media Group mengucapkan turut berduka cita. Semoga amal ibadah dan kebaikan ibu Ani diterima di sisi-Nya, Amin. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.