Senin, 22 Juli 19

Sederet Ikan Mahal di Dunia

Sederet Ikan Mahal di Dunia
* Ikan tuna sirip kuning. (Foto: farmbos.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ikan memiliki banyak nutrisi, bahkan dapat mengalahkan daging. Kaya akan kandungan omega-3, ikan masuk ke dalam salah satu jenis makanan mewah di dunia

Tak hanya itu, ada beberapa jenis ikan yang dapat mengalahkan harga daging. Keberadaan ikan ini biasanya di restoran-restoran mewah.

Mau tahu lebih jauh apa ikan tersebut? Kami akan mengulas sedikit tentang ikan yang yang harganya dapat mengalahkan harga daging.

1. Bluefin Tuna

Ikan ini biasanya disajikan sebagai sushi, dan digemari oleh banyak orang Jepang. Ikan ini dinilai kontroversial, karena masuk ke dalam salah satu jenis ikan yang terancam punah sehingga harganya terus melonjak tinggi.

Meski populer di Jepang tapi ikan ini asalnya dari Samudra Atlantik. Kisaran harganya sekitar $24 atau Rp 338.400 per 200 gramnya.

2. Tuna Sirip Kuning

Ikan yang mempunyai julukan kerennya yellowfin tuna ini sering menjadi pengganti bluefin tuna, yang populasinya semakin menipis dan langka.

Meski begitu tuna jenis yellowfin ini masih banyak tersedia, dan gampang ditemukan di pasaran. Rasa dagingnya enak, dan cocok diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Tapi harganya cukup mahal dibandingkan dengan ikan lain di pasaran. Untuk mendapatkan ikan tuna yang masih segar ini, Anda harus siap merogoh kocek sebanyak $162 (Rp 2.284.200) per kilonya.

3. Ikan Buntel

Ikan ini terkenal dengan nama kerennya ikan Fugu. merupakan salah satu jenis ikan dengan harga tinggi, bahkan masuk ke dalam daftar jenis daging ikan yang paling mahal di dunia.

Ikan Fugu ini terkenal berbahaya karena dapat mengeluarkan racun, yang berakibat fatal hingga kematian bagi orang yang memakannya.

Tapi Fugu dinilai sebagai salah satu hidangan eksotik, yang biasanya disulap menjadi sashimi. Tidak semua orang bisa mengolah ikan yang satu ini, karena dibutuhkan keahlian khusus agar daging ikan ini aman untuk dikonsumsi. Kisaran harganya sekitar $135 per 500 gram, atau setara dengan harga Rp 1.890.000.

4. Ikan Todak

Todak atau nama kerennya swordfish merupakan ikan laut yang memiliki meoncong panjang yang kuat. Tekstur daging ikan ini lebih tebal, sehingga sering dijadikan sebagai hidangan BBQ atau steak ikan. Bobotnya yang besar, membuat todak termasuk jenis ikan yang sulit ditangkap.

Tapi permintaan akan ikan ini terus tinggi, sehingga todak masuk ke dalam ikan mahal di dunia. Untuk kisaran harganya dimulai dari $61.99 per 24 ons, atau setara dengan harga Rp 874.059.

5. Wild King Salmon 

Dikenal juga dengan sebutan chinook salmon. Jenis ikan salmon liar ini sangat sulit untuk ditangkap setiap tahunnya. Apalagi jenis chinook mengandung banyak lemak, dan rasanya dianggap paling enak dibandingkan daging ikan salmon liar lainnya.

Ukurannya yang besar, membuat banyak orang memburu ikan ini untuk disulap menjadi berbagai hidangan. Kisaran hargannya terbilang tinggi, untuk 500 gram ikan chinook Anda harus siap mengeluarkan uang sekitar $29.95 atau sekitar Rp 422.295.  (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.