Kamis, 27 Januari 22

Sedekah Laut, Ratusan Orang Padati Tambak Lorok

Sedekah Laut, Ratusan Orang Padati Tambak Lorok

Semarang, Obsessionnews.com – Ratusan warga Kelurahan Tanjung Emas, Kota Semarang kembali menggelar rangkaian sedekah laut, sebagai rasa syukur atas melimpahnya hasil tangkapan. Sedikitnya 50 kapal nelayan diterjunkan untuk melarung sesaji ini.

Lurah Tanjung Emas, Haryadi menjelaskan, ada dua sesaji utama yang dilarung ke tengah laut. Pertama adalah sesaji kepala kerbau dan gunungan berisi ikan asin.

“Kami adakan hari minggu agar warga bisa ikut semua,” kata dia, Minggu (21/8/2016).

Acara dimulai dari depan mesjid setempat, dengan mengarak sesaji sampai di tepi laut. Sesampainya disana, warga membopong sesaji ke atas kapal untuk dilarung.

Suasana terasa meriah, saat kedua sesaji dilempar ke laut. Spontan, warga yang sedari tadi berdiri di atas kapal, langsung menceburkan diri berenang merebut sesaji. Tak jarang ada warga yang kelelahan sehingga harus diselamatkan.

” Ya hasil laut yang istilahnya sudah diambil di laut itu. Setelah kita mengambil kemudian kita mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa bahwa kita sudah diberi rejeki lewat laut,” jelasnya.

Salah seorang warga, Nur Rahman mengaku senang dengan adanya sedekah laut. Sebab, sebagai ungkapan rasa syukur, sedekah laut juga bisa membuat kampungnya ini menjadi lebih dikenal masyarakat luas.

“Karena dengan begini warga bisa berkumpul. Karena lebih punya apa ya istilahnya punya khas. Ini lho orang tambak lorok,” tandasnya. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.