Sabtu, 25 September 21

Sebulan Sebelum Lebaran, Maskapai Sudah Ajukan Extra Fligh

Sebulan Sebelum Lebaran, Maskapai Sudah Ajukan Extra Fligh

Padang, Obsessionnews – Empat maskapai penerbangan sudah mengajukan tambahan penerbangan atau extra fligh Jakarta-Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meskipun lebaran masih satu bulan lagi.

Maskapai penerbangan yang telah mengajukan izin extra fligh untuk rute Padang-Jakarta, Garuda Indonesia. Lion Air, Citilink dan Sriwijaya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumbar Amran mengatakan, pengajuan tambahan izin penerbangan diajukan ke Kementerian Perhubungan.

“Penambahan penerbangan itu diajukan ke Kementerian Perhubungan. Kami di daerah dapat informasi, sudah ada 4 maskapai yang mengajukan extra flight untuk rute Padang-Jakarta,” kata Amran, Sabtu (13/06).

Maskapai penerbangan yang mengajukan izin penambahan penerbangan, masing-masing Garuda Indonesia dan Lion Air dengan tambahan penerbangan 2 kali dalam sehari, sedangkan Citilink dan Sriwijaya 1 kali sehari. Penerbangan tambahan terhitung sejak H min 15 hingga Idul Fitri.

“Extra Flight yang telah diajukan itu bisa mengangkut 1.000 sampai 1400 penumpang. Bisa saja mendekati Idul Fitri, jumlahnya ditambah, mengingat tahun lalu lonjakan kedatangan penumpang di BIM terjadi mulai H min 5,” sebut Amran.

Amran menjelaskan, jumlah pemudik yang menggunakan maskapai penerbangan Jakarta- Padang pada lebaran tahun 2014 lalu mengalami peningkatan mencapai 21 persen dibanding tahun 2013. Tahun 2014 jumlah pemudik yang mendarat di BIM mencapai 6.732 orang, sedangkan tahun 2013 hanya 5.569 orang.

Sementara itu, persiapan menghadapi lonjakan penumpang, pengamanan sekaligus kesiapan transportasi jelang lebaran tahun 2015, baru akan dibicarakan dalam minggu depan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama pihak terkait, seperti PT Angkasa Pura, Organisasi Angkutan Darat, hingga Kepolisian Daerah.

“Kalau jumlah pemudik itu kecenderungnya memang bertambah tiap tahun. Tentunya kita bicarakan dulu dengan pihak terkait, tentang prediksi dan persiapan kita menyediakan transportasi menyambut lebaran,” ujar Amran. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.