Minggu, 26 Juni 22

Sebaiknya Ketua Umum Golkar dari Tokoh Muda

Sebaiknya Ketua Umum Golkar dari Tokoh Muda
* Aziz Syamsuddin dianggap tokoh muda yang dianggap berpeluang besar jadi Ketua Umum Partai Golkar.

Jakarta, Obsessionnews – Sejumlah pengamat menilai, ketua umum Partai Golkar ke depan sebaiknya berasal dari kalangan muda. Selain berdampak positif untuk regenerasi, pemimpin muda diyakini memiliki gagasan untuk memperbaiki citra partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Hampir semua partai sebaiknya memilih simbolisasi regenerasi dengan lebih memberi kesempatan untuk pemimpin muda. Apalagi ini Golkar yang secara khusus kita tahu partai ini dianggap sebagai partai lama, partai Orde Baru, partainya orangtua. Jika berani, berikan kesempatan untuk politisi muda menjadi ketua umum Golkar,” kata pengamat politik Charta Politika, Yunarto Wijaya, saat dihubungi Obsessionnews beberapa saat lalu.

Tak hanya soal citra, menurut Yunarto, pemimpin muda di Golkar akan memperbesar captive market partai ini.

“Salah satu caketum ada Aziz Syamsuddin. Kita tahu dia itu sekretaris fraksi dan ada di komisi III. Aziz punya peluang cukup kuat dan pantas diperhitungkan,” ujarnya.

Senada dengan Yunarto, pengamat politik Gun Gun Heryanto menilai tokoh muda Partai Golkar dapat bersaing dengan tokoh tua. Pasalnya tokoh muda dinilai memiliki track record yang lebih baik karena tidak memiliki masalah hukum dan etika.

“Tapi yang jelas, kriteria paling utama tokoh muda itu adalah soal integritas, jangan kemudian berpotensi punya masalah hukum dan etika. Sosok muda itu yang rajin turun ke bawah, yang kemudian mampu membangun kohesi politik di infrastruktur partai dari DPP hingga ranting,” tuturnya kepada Obsessionnews.

Selain itu, imbuh Gun Gun, tokoh muda harus memiliki pengalaman memimpin organisasi underbow di Golkar, entah itu Kosgoro atau Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR).

“Kriteria lainnya, dia punya paradigma dan visi jelas membangun Partai Golkar ke depan,” kata Gun Gun. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.