Rabu, 27 Oktober 21

Seandainya Semua Emas Freeport Dimiliki Indonesia (Bagian 2 – Selesai)

Seandainya Semua Emas Freeport Dimiliki Indonesia (Bagian 2 – Selesai)

Bakal Diguyur Emas
Freeport mengeksploitasi ribuaan ton emas. Tetapi, sayangnya, tak satu gram pun kita pernah kecipratan. Padahal sejatinya itu adalah hak kita sejak awal. Ketidakmampuan negara mengelola sumber daya alamnya sendiri membuat kita seperti ini. Kita hanya menjadi penonton bangsa asing yang dengan rakusnya mengambil kekayaan alam kita. Seandainya negara sejak awal memprivatisasi Freeport, kita bakal diguyur emas.

Nada Sumbang Terhadap Pemerintah Bakal Senyap
Negara adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap rakyatnya. Secara sisi ekonomi hal tersebut juga termasuk karena sudah tertuang dalam undang-undang. Masyarakat menengah ke bawah memang begitu berharap penuh terhadap pemerintah.

Di satu sisi pemerintah mungkin beranggapan telah berbuat yang terbaik di bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Namun, di sisi lain banyak elemen masyarakat menilai apa yang dilakukan pemerintah kurang maksimal. Oleh karena itu, bermunculan nada sumbang terhadap pemerintah.

Apabila masyarakat mendapat emas Freeport, maka taraf kehidupannya akan meningkat. Mereka bisa memperoleh pelayanan kesehatan dan pendidikan terbaik dengan berbayar. Andaikata halitu terjadi, maka nada sumbang terhadap pemerintah bakal senyap. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.