Kamis, 1 Desember 22

Sea Games Ajang Prestasi, Bukan Kumpul Medali

Sea Games Ajang Prestasi, Bukan Kumpul Medali
* Rivina, Atlet Golf yang dipersiapkan ke Sea Games 2017

Jakarta, Obsessionnews.com-Indonesia disarankan tidak menjadikan Sea Games sebagai patokan prestasi olahraga. Pasalnya masing-masing negara Asean mengedepankan kepentingannya sendiri dalam menentukan cabang olahraga.

“Sea Games sudah menjadi kepentingan negara Asean untuk meraih prestasi tapi dengan mengedepankan ego mereka,” jelas ketua Satlak Prima, Achmad Soetjipto, hari ini di Jakarta.

Sebelumnya saat pertemuan Sea Games pada 13-14 Juli 2016, Indonesia kecewa dengan keputusan Malaysia yang hanya mengijinkan Indonesia memasukkan3 cabang olahraga, dari 13 cabang yang diusulkan pada Sea Games Malaysia 2017.

Akibatnya Achmad memperkirakan Indonesia bisa kehilangan 24 medali emas di ajang olahraga dua tahunan negara Asean itu. Tapi Satlak Prima tidak mempermasalahkan hal itu dan melihat kepentingan yang lebih besar.

Karena itu Indonesia diminta untuk mengirimkan atlet ke cabang yang betul-betul siap.

“Tidak masalah jika perolehan medali jadi lebih kecil. Karena patokannya adalah prestasi. Lebih baik kita fokus pada Asian Games 2018,” jelas dia.

Karena itu Achmad meminta cabang yang tidak dikirimkan agar lebih pasrah. Investasi akan dilakukan pada cabang yang lebih berpeluang.

Wakil ketua umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Budiman, juga menyatakan kecewa.

Karena cabang kano, rowing dan traditional boat gagal dipertandingkan. Menurut Budiman seharusnya cabang olimpiade yang dipertandingkan. Sea Games Federation harusnya melakukan revolusi jika tak ingin tertinggal dari negara Asia Timur ataupun Eropa.

“Seharusnya mempertandingkan 28 cabang olimpiade dan 6 cabang non olimpiade yang ditentukan oleh tuan rumah. Bukan sekehendak hati mereka,” tandas Budiman. @baronpskd

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.