Sabtu, 18 September 21

SBY: Selesaikan Konflik Gaza Jangan Cuma Sekedar Kata-kata

SBY: Selesaikan Konflik Gaza Jangan Cuma Sekedar Kata-kata

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus segera melakukan tindakan nyata dalam menghentikan penyerangan Israel ke Jalur Gaza, lebih dari sekedar membuat pernyataan semata. SBY mengatakan Setelah gencatan senjata singkat, kondisi di Gaza justru semakin memburuk.

“Beberapa jam yang lalu, Israel justru melakukan serangan darat, penembakan roket juga masih dilakukan. Dunia harus sangat serius untuk bertindak, menghentikan seluruh kekerasan,” ujar SBY dalam jumpa persnya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (18/7/2014).

SBY juga menyampaikan seruan dan ajakan pada masyarakat internasional dan pemimpin dunia untuk secara serius mengatasi memburuknya situasi di Gaza yang merenggut korban sipil. Presiden melanjutkan, sekarang bukan saatnya lagi hanya berkata-kata dalam upaya menciptakan perdamaian di wilayah tersebut.

“Menghadapi situasi yang sangat kritis ini, tiada lain dunia harus sangat serius untuk bertindak. Bukan hanya berkata-kata menghentikan semua kekerasan yang terjadi di wilayah Palestina,” kata Presiden.

Menurut Kepala Negara, Indonesia terus mengimbau untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban konflik di Jalur Gaza demi meringankan penderitaan korban dan keluarga. Indonesia sendiri telah memberi contoh untuk memberikan bantuan kemanusiaan ini.

Presiden menjelaskan bahwa situasi damai serta pembicaraan damai menjadi hal yang penting bagi terwujudnya negara Palestina yang berdaulat dan merdeka dengan konsep dua negara, two-state solution.

Satu hari setelah gencatan senjata, Israel mengumumkan mulai melakukan serangan darat ke wilayah Gaza. Akibat gempuran dari darat itu, jumlah korban tewas mencapai 247 orang. Menurut sejumlah laporan lebih dari 80 persen korban adalah warga sipil. Setidaknya 1.690 warga Palestina juga terluka. (Has)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.