Sabtu, 19 Oktober 19

SBY Pakaian Adat Melayu Saat Terima Penghargaan Singapura

SBY Pakaian Adat Melayu Saat Terima Penghargaan Singapura

Singapura – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi menerima penghargaan Order of Temasek First Class dari Pemerintah Singapura. Penyerahan gelar dilakukan Presiden Tony Tan Keng Yam dalam kesempatan jamuan santap malam kenegaraan di Istana Kepresidenan Singapura, Rabu (3/4/2014) malam.

Mengenakan pakaian adat Melayu Teluk Belanga, Presiden SBY hadir bersama Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono dan delegasi antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menparekfraf Mari Elka Pangestu, Mendag M. Luthfi, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Seskab Dipo Alam.

Presiden SBY mengaku terhormat atas gelar yang diberikan oleh Pemerintah Singapura. “Saya sangat berterima kasih dan benar-benar merasa terhormat untuk menerima First Class, Order of Temasek yang saya dedikasikan untuk orang-orang baik dari Indonesia dan persahabatan abadi antara kedua negara kita,” ujar Presiden setelah menerima penghargaan tersebut.

SBY menyampaikan, Singapura adalah salah satu negara yang paling sering SBY datangi. “Mungkin ini karena waktu yang tidak panjang untuk pergi dari Jakarta ke Singapura daripada dari rumah pribadi saya di Cikeas ke kantor saya di Jakarta. Saya sering datang ke sini, sehingga staf Kedutaan Besar Republik Indonesia telah hafal kebiasaan saya, melakukan kunjungan ke toko buku Kinnokuniya, dan berhenti di sebuah warung mie di dekatnya,” kata SBY disambut tepuk tangan dan tawa para hadirin.

Singapura kata SBY, telah mencapai kemajuan yang luar biasa sebagai bangsa. Sebagai negara kota, sebuah negara pulau, dengan populasi kecil dan tidak ada sumber daya alam, Singapura menghadapi perjuangan berat untuk bertahan hidup dan berhasil. “Singapura selalu menjadi faktor penting untuk kemajuan. Singapura memiliki peringkat di antara investor atas di Indonesia. Anda adalah mitra dagang utama kami – sekitar US $ 42 miliar,” tutur Kepala Negara.

Order of Temasek adalah tanda kehormatan luar biasa yang diberikan Presiden Singapura atas saran Perdana Menteri. Tanda jasa dengan klasisfikasi ‘Honours’ ini sebagai bentuk pengakuan jasa dalam pencapaian dan pelayanan yang diberikan.

Dalam pengantarnya, pemerintah Singapura memuji kepemimpinan SBY selama 10 tahun terakhir. Sebagai presiden terpilih langsung pertama kali, SBY berhasil mempertahankan kepemimpinannya dalam dua periode. Soal militer, kerja sama TNI dan SAF juga terbilang cukup bagus. Kedua negara ini disebut berperan aktif dalam menangkal isu terorisme. Kini, SBY tengah mempersiapkan peralihan transisi kepemimpinan agar berjalan sukses. (Has)

 

Related posts