Minggu, 17 Oktober 21

SBY Minta Rakyat Tak Berlebihan Kritik Jokowi

SBY Minta Rakyat Tak Berlebihan Kritik Jokowi

Jakarta, Obsessionnews – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta rakyat tidak terlalu berlebihan saat menyampaikan kritik terhadap presiden Jokowi. Menurut SBY menjunjung tata krama dan etika akan melahirkan demokrasi yang santun.

“Perlakuan “negatif” berlebihan kepada saya dulu tak perlu dilakukan kepada Pak Jokowi. Biar beliau bisa bekerja dengan baik,” ujar SBY seperti dikutip melalui akun Twitternya @SBYudhoyono, Minggu (9/8/2015).

SBY mengatakan semua pihak harus belajar menggunakan kebebasan secara tepat. Dalam penggunaan hak dan kebebasan, termasuk menghina orang lain, ada batasannya. Maka perlu menurutnya semua pihak penting memahami Universal Declaration of Human Rights dan UUD 1945.

“Prinsipnya, janganlah kita suka berkata dan bertindak melampui batas. Hak dan kebebasan ada batasnya,” lanjut dia.

Meski begitu SBY mencoba mengingatkan kepada Jokowi untuk menyikapi hal penghinaan presiden ini dengan arif. Dikatakannya bahwa memperkarakan orang yang mengritiknya justru akan membuat rakyatnya menjadi takut.

“Di sisi lain, penggunaan kekuasaan (apalagi berlebihan) untuk perkarakan orang yang dinilai menghina, termasuk oleh Presiden, itu juga tidak baik,” tandas SBY.

Pemerintah sedang mengusulkan pasal penghinaan presiden yang diajukan dalam revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) untuk dibahas di DPR. Wacana pasal penghinaan presiden memang mendapat tanggapan beragam dari berbagai kalangan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.