Senin, 10 Agustus 20

SBY Minta Pemerintah Jelaskan Soal Serbuan Tenaga Kerja Asing

SBY Minta Pemerintah Jelaskan Soal Serbuan Tenaga Kerja Asing
* Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta pemerintah menjelaskan secara gamblang tentang isu serbuan tenaga kerja asing (TKA) yang masuk ke Indonesia. Jawaban itu diperlukan agar tidak merasakan masyarakat yang membutuhkan informasi yang sebenarnya.

“Begini saja, karena ini pemerintahan rakyat, yang berdaulat rakyat, tolong pemerintah menjelaskan dengan gamblang, yang transparan, yang jujur. Sebetulnya berapa sih tenaga kerja asing itu, berapa puluh ribu, atau belasan ribu atau ratusan ribu, kita tidak tahu,” kata SBY dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, (23/4/2018).

Menurut Ketua Umum Partai Demokrat ini, memang sudah lazim terjadi pertukaran tenaga kerja ahli antara Indonesia dengan negara-negara tetangga, jika saling membutuhkan. Namun harus dipertimbangkan bila di Indonesia sendiri masih banyak warga yang menganggur.

“Yang tidak boleh, yang berbahaya, kalau datang tenaga kerja asing besar-besaran. Mengapa? Pengangguran masih banyak, tenaga kerja kita juga sudah banyak yang terampil dan bisa bekerja sendiri, mengapa kita harus mendatangkan tenaga kerja asing dalam jumlah yang besar,” katanya.

Hal itulah, kata SBY, yang harus dijelaskan oleh pemerintah agar tidak beredar hoaks atau berita palsu. Di sisi lain, SBY mengaku ia tidak dalam kapasitas untuk menjelaskan karena takut nanti menjadi fitnah.

“Maka daripada jadi fitnah, tolong entah presiden, entah menteri, entah siapapun jelaskan kepada rakyat berapa besar tenaga kerja asing yang masuk Indonesia, dari negara mana mereka itu dan bekerja di bidang apa,” katanya.

SBY mengaku mengerti akan keresahan masyarakat saat ini yang banyak kesulitan mendapat pekerjaan. Sementara lapangan kerja mulai banyak yang diisi TKA.

“Presiden dan Pemerintah Indonesia harus membela rakyatnya. Kita punya tenaga kerja, yang terampil juga banyak. Pemerintah harus berani. Dengan demikian kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata SBY. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.