Selasa, 11 Agustus 20

SBY: Bukan Cara Terbaik Perangi ISIS dengan Operasi Militer

SBY: Bukan Cara Terbaik Perangi ISIS dengan Operasi Militer

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan negara-negara di dunia bahwa menyelesaikan masalah Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dengan operasi militer bukanlah cara yang terbaik. SBY mengatakan, operasi militer justru seringkali menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

“Dan di sini, umat Islam tidak boleh pasif, tidak menonton. Tapi kita harus ada di kemudi,” ujar Presiden di Komplek Istana Negara Jakarta, Jumat (3/9/2014), saat meresmikan asrama mahasiswa Indonesia yang berlokasi di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

Operasi militer, kata Kepala Negara, mungkin bisa dilakukan untuk tujuan tertentu yang jangka pendek. Akan tetapi menurut dia, masalah ISIS harus diselesaikan dengan diskusi bersama-sama untuk memahami akar masalah, penyebab konflik, atau penyebab kekerasan yang dilakukan organisasi militan tersebut.

“Negara-negara Islam duduk bersama untuk mencari solusi yang lebih permanen, lebih dari sekadar aksi militer. Tetapi dengan memahami akar masalah. Insya Allah akan dapat kita temukan solusi yang adil, bijak dan tepat,” papar SBY.

Indonesia, merasa terpanggil untuk menyelesaikan masalah ini. SBY juga berharap banyak negara yang terpanggil untuk berunding menyelesaikan konflik di timur tengah tersebut.

“Dengan demikian kita sebagai umat akan bersyukur, lega, gembira, kemudian tidak ada lagi kecurigaan dari saudara-saudara kita yang tidak beragama Islam, apalagi tidak ada lagi Islam phobia, apa namanya hal-hal yang tidak baik dicapkan kepada Islam dan umat Islam,” katanya. (Has)

 

Related posts