Selasa, 26 Januari 21

SBY Berharap Jangkauan BPJS Diperluas

SBY Berharap Jangkauan BPJS Diperluas

Surabaya, Obsessionnews – Keberadaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dinilai sangat penting dalam membantu dan mengcover kesehatan masyarakat di Indonesia. Pasalnya, pembangunan saat ini berorientasi pada pembangunan manusianya.

“Artinya, kebutuhan dasar manusia harus terpenuhi dengan mengutamakan kesehatan, pendidikan dan memiliki pendapatan yang cukup,” kata Presiden keenam RI  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di sela-sela kunjungannya di Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya, Senin (9/2).

SBY mencontohkan, jika manusia memiliki badan dan jiwa yang sehat, mengenyam pendidikan cukup, serta mendapatkan penghasilan yang layak, maka dia bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Dari komponen itu yang harus diutamakan adalah kesehatan badan. Karena jika badan dan jiwanya sehat, dia bisa sekolah serta bekerja , sehingga mendapatkan penghasilan. Jika dia memiliki penghasilan, maka dia bisa merawat kesehatan diri,” imbuhnya.

SBY berharap, BPJS Kesehatan yang dibentuk pada 1 Januari 2014 sesuai dengan amanah undang-undang dan keuangan negara.

“Kebijakan dan program dari BPJS ini dapat semakin baik, berkualitas, dan diperluas jangkauannya,” harapnya.

Ia menambahkan, konsep BPJS yakni berlandaskan keadilan. Seyogyanya masyarakat yang kaya harus membiayai untuk kesehatan dirinya, dan selebihnya untuk membantu masyarakat miskin.

“Sedangkan untuk masyarakat miskin dan tidak mampu negara harus hadir untuk membiayainya,” tegasnya. (GA Semeru)

Related posts