Jumat, 6 Desember 19

SBY Bangga Indonesia Ikut Jadi Pemain Ekonomi Dunia

SBY Bangga Indonesia Ikut  Jadi Pemain Ekonomi Dunia

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut, Indonesia kini sudah menjadi salah satu pelaku utama dalam percaturan ekonomi dunia. Yakni negara dengan ekonomi peringkat 16 dunia.

Demikian disampaikan oleh SBY dalam Pidato Kenegaraan terakhirnya di Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

“Indonesia menjadi anggota G20, posisi Indonesia sudah jauh berubah. G20 telah menjadi forum kerja sama ekonomi internasional, kita berdiri sejajar dengan negara-negara maju dan ekonomi besar,” papar SBY.

“Indonesia telah menjadi pemain inti dalam ekonomi internasional. Kita harus meyakini bahwa Indonesia di abad 21 adalah bagian dari solusi dunia,” tegasnya.

Ditambahkan Presiden, saat awal kemerdekaan, hampir seluruh penduduk Indonesia berada dalam kemiskinan. Namun pada abad 21, SBY menyebut sudah banyak kemajuan yang dicapai.

“Dari tadinya terbelakang di Asia jadi middle income country, sekarang ekonominya peringkat 16 besar dunia. Bahkan menurut Bank Dunia, Indonesia peringkat 10 besar ekonomi dunia, jika dihitung Purchasing Power Parity,” tutur SBY.

Kemudian, lanjut SBY, ada perbaikan taraf kehidupan, yang ditunjukkan dengan kelas menengah yang terus bertambah. “Dari seluruhnya miskin di 1945, di abad 21 Indonesia punya kelas menengah terbesar di Asia Tenggara, dan salah satu negara dengan pertumbuhan kelas menegah terbesar di Asia,” sebut SBY.

Meski demikian, tambah SBY, Indonesia tidak boleh takabur. Indonesia masih harus memperbaiki pekerjaan rumah, salah satunya adalah pengentasan kemiskinan.

“Tantangan masih banyak, pekerjaan rumah tidak sedikit. Salah satu tantangan kita adalah mengubah nasib puluhan juta rakyat ke arah yang lebih sejahtera,” tuturnya.

Pidato Kenegaraan ini merupakan yang terakhir bagi SBY, setelah menjadi presiden selama dua periode. Dalam pidato kali ini, SBY memaparkan sejumlah pencapaian ekonomi selama 10 tahun.

Related posts