Senin, 29 November 21

SBY: Aktualisasikan Pancasila Sepanjang Masa

SBY:  Aktualisasikan Pancasila Sepanjang Masa
* Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jakarta, Obsessionnews – Tanggal 1 Juni 1945 Bung Karno menyampaikan pidato brilian, yang menjadi tonggak sejarah dan game changer bagi perjalanan bangsa Indonesia. Pidato tersebut sarat dengan nilai ideologi, falsafah, jati diri bangsa, visi dan dasar-dasar Indonesia Merdeka. Itulah Pancasila.

Bangsa Indonesia harus bersyukur kpd Allah & berterima kasih kpd Bung Karno yg menjadikan Pancasila sebagai dasar negara,” tulis Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di akun Twitternya, ‏@SBYudhoyono, Selasa (31/5/2016).

SBY mengemukakan tugas generasi bangsa ke depan nanti adalah membuat Pancasila tetap relevan dan mampu menjawab berbagai tantangan bangsa.

Dia mengimbau jangan mengajarkan Pancasila secara dogmatik, doktriner, dan hanya berorientasi ke masa lampau. Aktualisasikan Pancasila sepanjang masa.

Saya berpendapat, Pancasila adlh alternatif & “jalan ke tiga” dari dua ideologi yg saling berhadapan, komunisme & kapitalisme,” katanya dalam rangkaian tulisannya di Twitter.

Menurut SBY, dalam tiga dekade ini dunia mengalami koreksi besar. Komunisme ternyata tak bisa menghadirkan kemakmuran bangsa, sebagaimana yang dijanjikan.  Kapitalisme dan pasar bebas juga membuat terkurasnya sumber-sumber kehidupan, rusaknya lingkungan dan  meningkatnya ketimpangan.

Ketua Umum Partai Demokrat ini mengungkapkan, dunia harus bertransformasi menuju ekonomi berkeadilan, berkelanjutan. Sustainable growth with equity. Inilah jiwa dan  nafas Pancasila. (arh, @arif_rhakim)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.