Kamis, 21 Oktober 21

Sayembara 60 Juta Peso Bagi Peringkus Joaquin Guzman

Sayembara 60 Juta Peso Bagi Peringkus Joaquin Guzman

Jakarta, Obsessionnews – Siapa bisa menangkap Joaquin Guzman ? Pemerintah Meksiko menawarkan imbalan sebesar 60 juta peso, setara dengan Rp 50,6 milyar bagi yang bisa menangkapnya.

Guzman merupakan gembong narkoba yang lari dari penjara Altiplano, Meksiko, dengan keamanan superketat. Meski dipakaikan gelang pemantau dengan pengawasan 24 jam penuh, dia berhasil kabur dengan melewati terowongan bawah tanah sepanjang 1,5 kilometer, pada Sabtu (11/7) lalu.

Menteri Dalam Negeri Meksiko Miguel Angel Osorio Chong bilang, pihak penjara sepertinya membantu pelarian Guzman. Makanya, tiga petugas senior termasuk direktur penjara tersebut telah diberhentikan dari jabatannya atas dugaan tersebut.

“Tidak akan ada istirahat bagi kriminal ini,” kata Osorio Chong saat mengunjungi Altiplano pada Senin (13/7) lalu.

Kunjungan Chong pada Senin pekan lalu ke Altiplano yang terletak 55 kilometer dari Mexico City menggunakan helikopter didampingi sejumlah anggota kongres beserta Komisioner Keamanan Nasional Monte Alejandro Rubio, merupakan yang pertama kalinya sejak dia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Meksiko.

Pasca kaburnya Guzman, pengawasan serta keamanan Meksiko diperketat. Aktifitas penerbangan dari Bandara Toluca juga dihentikan dan pos pemeriksaan didirikan.

Sementara itu, Guatemala juga meningkatkan pemeriksaan di sepanjang perbatasan dengan Meksiko di sebelah utara. Sebab pada tahun 1993 lalu, Guzman ditangkap di sana untuk pertama kalinya kemudian dijebloskan ke penjara Puente Grande.

Kaburnya Guzman dari penjara, bukanlah yang pertama kali. Pada 2001 lalu, dia kabur dari Puente Grande meski bui tersebut dilengkapi pengamanan tingkat tinggi.

Pasca lari dari Puente Grande, Guzman sempat memperluas jangkauan jaringannya. Sementara para analis memperingatkan, hal sama bisa saja terjadi lagi jika pimpinan gembong narkoba ini tak berhasil diringkus.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.