Kamis, 2 Desember 21

Saudaramu Itu Surgamu

Oleh: Ustadz Felix Siauw, Penulis dan Pengemban Dakwah

 

Kita sibuk mencari-cari kesalahan pada saudara kita. Padahal mencari-cari kesalahan itu juga sesuatu yang salah. Kita buat seolah tak ada kebaikan pada dirinya.

Padahal dalam urusan persaudaraan iman, ukhuwah haruskan tiap kita berbaik sangka, menutupi aib, menyembunyikan cela, menasihati dengan sabar dan sayang.

Kita berlagak seolah-olah kita sudah pasti bebas dari salah, berkata-kata dengan nada tinggi pada saudara kita seiman, seolah-olah kita tak lagi sama syahadatnya.

Amalan yang benar hanya amalan kita. Adapun amalan yang lain pastilah salah, bid’ah dan dalalah. Tanpa lagi mau tahu tentang sebab musabab semuanya.

Mengatakan ini benar dan ini salah itu mudah. Yang sulit itu mengajak yang salah menjadi benar, dan yang benar agar tetap rendah hati dan istiqamah dalam kebenaran.

Memahami hukum tak selalu harus jadi hakim. Tak hanya tahu yang benar tapi juga harus sadar, bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan kebenaran agar ia diterima.

Andai satu jenis kelompok saja cukup untuk menegakkan Islam, tak perlu ada Aus dan Khazraj, Anshar dan Muhajirin, atau perbagai profesi sahabat serta bakat beragam.

Menjadi yang terbaik itu harus, tapi merasa yang paling baik itu lain lagi. Yang satunya menyemangati dan produktif, sedangkan yang satunya memecah-belah dan melemahkan.

Bagi mereka yang beriman, tak ada yang lebih mereka cintai dibanding Allah. Maka apa alasan bagi jiwa-jiwa yang mencintai Allah untuk tak saling mencintai satu dengan lain?

Sahabatmu bisa jadi sebab surgamu, ketika engkau mencintai dirinya karena Allah, dan dia mencintaimu pula karena Allah. Saudaramu punya hak atas cintamu.

“Sesungguhnya Allah pada Hari Kiamat berseru, di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini akan Aku lindungi mereka dalam lindungan-Ku, pada hari yang tidak ada perlindungan, kecuali perlindungan-Ku” – HR Muslim. (***)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.