Rabu, 30 September 20

Satgas Dukung Penanganan Covid-19 di Sumut

Satgas Dukung Penanganan Covid-19 di Sumut
* Satgas Covid-19 melakukan konferensi pers (Doc : Humas BNPB)

Jakarta, Obsessionnews.com – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mendukung penanganan penyebaran virus SARS-CoV-2 yang masih terjadi di Sumatera Utara (Sumut). Dukungan berupa pembentukan pos gabungan pencegahan di wilayah ini.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 atau Satgas Nasional yang diwakili Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan menjelaskan, pos gabungan pencegahan akan dibentuk di Provinsi Sumatera Utara. Pos ini akan menjalankan operasi kewilayahan dengan pembekalan, koordinasi dan pemantauan.

Langkah ini dijalankan dengan kolaborasi akademisi, pakar, relawan dan media massa. Salah satu bentuk yang dillakukan yaitu sosialisasi adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan, komunikasi publik, serta penggunaan aplikasi InaRISK.

“Ego sektoral harus kita abaikan. Kita harus bersama dan satu gerbong,” kata Lilik di dalam pertemuan dengan organisasi profesi dokter dan tenaga kesehatan se-Sumut di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Medan, Jumat (14/8).

Ia mengajak semua pihak, untuk mendukung setiap profesi. “Mari kita saling mendukung apapun profesinya harus berjalan Bersama,’’ lanjutnya.

Lilik menyampaikan, kunjungan ini merupakan dukungan dari BNPB di delapan provinsi di Indonesia, yakni Sumut, DKI Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Papua. Kedelapan provinsi ini merupakan penyumbang 74% positif COVID-19.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kembali mengajak seluruh dokter dan tenaga medis kesehatan sebagai garda terdepan memerangi pandemi COVID-19 di Sumut. Ia meminta semua pihak untuk bergandengan tangan dan memberikan masukan yang positif kepada pemerintah dalam penanganan COVID-19 sehingga penyebaran COVID-19 yang berdampak pada seluruh sendi kehidupan dapat segera diatasi.

Di sisi lain, Ketua IDI Sumut Edy Ardiansyah mengatakan secara umum, seluruh anggota IDI siap dalam mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19 di Sumut. Jumlah anggota IDI sendiri sekitar 8.000-an anggota. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.