Sabtu, 28 Januari 23

Sastrawan Danarto Tutup Usia Tertabrak Motor

Sastrawan Danarto Tutup Usia Tertabrak Motor
* Danarto (Dok. IG @triawanmunaf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Penulis dan Sastrawan Danarto tutup usia karena tertabrak sepeda motor di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (10/4/2018), sekitar pukul 13.30 WIB.

Ia sempat dilarikan ke rumah sakit UIN dan dirujuk ke RSUP Fatmawati. Namun pria yang mengalami luka parah di bagian kepala ini nyawanya sudah tak tertolong lagi.

Danarto tertabrak oleh pengendara berinisial SL. Saat itu almarahum hendak menyeberang untuk menuju ke salah satu bank di Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Danarto lahir di Sragen pada 27 Juni 1940. Dia dikenal melalui karyanya, kumpulan cerpen Godlob. Kumpulan cerpen lainnya adalah Adam Ma’rifat, memenangkan Hadiah Sastra 1982 dari Dewan Kesenian Jakarta.

Selama hidupnya Danarto sempat bekerja di majalah Zaman pada 1979 hingga 1985. Lalu pada 1976 mengikuti International Writing Program di Universitas Iowa, dan mengikuti Festival Penyair International di Rotterdam, Belanda pada 1983.

Cerpen-cerpennya pernah diterjemahkan oleh Harry Aveling dalam buku Abracadbra (Singapura, 1978), dan dimasukkan dalam From Surabaya to Armageddon (Singapura, 1978).

Danarto pada 1 Januari 1986 pernah membina rumah tangga bersama Siti Zainab Luxfiati, yang biasa dipanggil Dunuk, seorang psikolog. Namun pernikahan tersebut tak berlangsung lama. Ia bercerai dengan Zainab setelah 15 tahun berumah tangga.

Ungkapan duka turut diucapkan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf melalui akun instragramnya.

Malam ini Indonesia kehilangan seorang sastrawan besarnya. Mas Danarto, wafat pada hari Selasa 10 April pkl. 20.45 wib di Ruang UGD RS Fatmawati, Jakarta.  Almarhum tertabrak motor di Ciputat dekat UIN tadi siang sekitar pk 13.00. Danarto lahir di Sragen, Jawa Tengah, 27 Juni 1940 adalah penulis dan sastrawan Indonesia. Karyanya yang terkenal di antaranya adalah kumpulan cerpen, Godlob. Kumpulan cerpennya yang lain, Adam Ma’rifat, memenangkan Hadiah Sastra 1982 Dewan Kesenian Jakarta, dan Hadiah Buku Utama 1982. Tahun 2009 Danarto menerima Ahmad Bakrie Award untuk bidang kesusasteraan,” tulis tulisnya dalam IG @triawanmunaf.

Berita tentang Darto menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Rabu (11/4) hingga pukul 11.00 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 5.000 kali. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.