Jumat, 3 Februari 23

Sarmuji: Sosialisasi Empat Pilar Harus Berjalan Masif

Sarmuji: Sosialisasi Empat Pilar Harus Berjalan Masif
* Sosialisasi empat pilar M Sarmuji di Tulungagung.

Obsessionnews.com – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji kembali menggelar Sosialisasi Empat Pilar di Desa Karangrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada Sabtu 24 September 2022 yang turut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat.

Kegiatan ini diadakan untuk menggencarkan kembali pemahaman tentang empat pilar negara yang di dalamnya ada Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Sarmuji menjelaskan pentingnya sosialisasi yang masif tentang empat pilar negara tersebut. Hal ini mengingat derasnya arus informasi maupun ideologi lewat globalisasi yang ikut membawa dampak negatif bagi masyarakat. Hal itu menurut Ketua DPD Partai Golkar Jatim tersebut harus ditangkal.

‘”Sosialisasi ini diharapkan dapat menularkan empat pilar ke masyarakat. Maka pada hari ini yang kita undang juga adalah tokoh-tokoh yang dekat dengan masyarakat, hingga dapat memasifkan sosialiasi ini. Sosialisasi ini kita saling mengingatkan, demi menangkal ancaman dari dalam maupun dari luar. Globalisasi tak ada batasnya, empat pilar inilah yang menangkalnya,” sebut Sarmuji.

Sarmuji kembali mengingatkan kepada masyarakat pentingnya empat pilar itu bagi keutuhan bangsa. Terutama, seperti disebutkan, bila dilihat dari latar penetapannya.

“Usulan M Yamin kepada Soekarno soal semboyan negara itu dibahas sekitar satu setengah bulan sebelum proklamasi. Bhineka Tunggal Ika menjadi konteks bahwa walaupun berbeda-beda tapi tetap satu Indonesia ini terdiri dari banyak suku, bahasa dan ras, ini akan menjadi momok di masa depan. Maka Bhineka Tunggal Ika itu dijadikan semboyan negara sebagai semangat persatuan,” jelasnya. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.