Jumat, 27 Mei 22

Sarmuji Sebut 4 Pilar Kebangsaan Efektif Tangkal Radikalisme

Sarmuji Sebut 4 Pilar Kebangsaan Efektif Tangkal Radikalisme
* Sarmuji menggelar acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, pada Senin 29 November 2021.

Kediri, Obsessionnews.com – Munculnya radikalisme, fanatisme, dan ekstrimisme terasa sangat mengganggu kehidupan bersama. Ada banyak solusi untuk mengatasinya. Salah satu yang menjadi pilihan utama adalah solusi ideologis.

Demikian disampaikan anggota MPR RI M. Sarmuji. Menurutnya, solusi ideologis tersebut yaitu dengan menggiatkan sosialisasi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Solusi ideologis di sini, saya boleh mulai dari kata instal,” katanya saat menggelar acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, pada Senin 29 November 2021.

Mengutip filsuf yang menyebut manusia terlahir sebagai kertas kosong, ia menggunakan analogi laptop yang masih kosong sehingga perlu diinstal.”Kita sebenarnya lahir seperti lembaran kosong. Macam laptop yang masih kosong. Perlu diinstal dengan hal yang baik,” katanya.

Mengingat upaya radikalisasi dilakukan sejak usia dini, maka upaya penangkalan melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan pun mesti dilakukan secara masif dan ditujukan kepada generasi sejak usia dini.

Sosialisasi empat pilar, lanjut anggota Komisi XI ini, mesti dijadikan langkah antisipatif bagi yang belum terpapar sekaligus langkah kuratif bagi orang-orang yang sudah terpapar radikalisme.

Pada bagian lain, anggota dari Dapil Jatim VI ini menyebutkan mensosialisasikan empat pilar kebangsaan berarti sedang membangun karakter bangsa. Membangun karakter bangsa berarti menenun benang-benang kultural, batiniah, dan afektif untuk membentuk cara hidup bersama orang Indonesia yang ber-Bhinekka Tunggal Ika.

Sosialisasi empat pilar tersebut dihadiri sejumlah pelajar tokoh masyarakat, dan sejumlah organisasi kepemudaan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.