Kamis, 22 Agustus 19

Saran KPK Tepat, Deddy Mizwar Wajib Lapor Penghasilan

Saran KPK Tepat, Deddy Mizwar Wajib Lapor Penghasilan

Jakarta : Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera mendukung saran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar melaporkan penghasilan bermain sinetronnya. Hal itu penting guna menghindari risiko Deddy menerima gratifikasi.

Walau sudah menjadi Wagub Jabar, Deddy tetap menjadi bintang iklan dan pemain sinetron. Apa yang dilakukan Deddy memancing KPK. Lembaga antikorupsi ini pun meminta agar Deddy melaporkan pendapatannya dari main sinetron dan Iklan.

PKS, partai sebagai salah satu pengusung Deddy, merespon saran KPK ini. “Yang jelas saran-saran itu penting, transparansi itu wajib, etika publik wajib ditegakkan. Imbauan KPK itu bagus,” kata Mardani Ali Sera saat dikonfirmsi, Sabtu (12/7/2014).

Mardani mengharapkan semua pihak bisa berprasangka baik terhadap penghasilan Deddy lewat main sinetron. Langkah transparansi tersebut jangan sampai menghalangi upaya Deddy Mizwar untuk berbuat kebaikan.

“Bahwa harus ada transparansi itu betul. Tapi jangan juga menghalangi orang melakukan amal saleh. Sinetron Deddy Mizwar itu bagian dari dakwah,” kata Mardani.

Mengenai gratifikasi, Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono, mengatakan pihaknya telah menyampaikan surat edaran kepada kepala-kepala daerah. Dalam edaran tersebut, KPK menginformasikan bahwa penghasilan tambahan tidak tergolong gratifikasi jika memenuhi tiga syarat.

Pertama, penghasilan itu tidak berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi si penyelenggara negara. Kedua, mengandung konflik kepentingan atau tidak. Ketiga, didapatkan melalui kegiatan yang diketahui atasan atau tidak.

“Yang terakhir, melanggar etika atau tidak. Misalkan, Deddy kalau ragu, kami bisa analisis,” ujar Giri.

Dia juga mengingatkan agar Deddy fokus menghabiskan waktunya untuk melayani rakyat. Menurut Giri, lebih aman jika Deddy menggunakan penghasilan tambahannya tersebut untuk disumbangkan kepada masyarakat.

“Secara moral, penyelenggara negara harus waktunya digunakan untuk pelayanan masyarakat,” ujar Giri.

Deddy berperan aktif dalam sinetron religi Para Pencari Tuhan di stasiun televisi swasta, Surya Citra Televisi atau SCTV. Ia tak hanya sering muncul sebagai salah satu pemeran, tetapi juga berada di balik layar sebagai produser. (Has)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.