Selasa, 30 November 21

Sandiaga Uno Dukung Ekonomi Jokowi Berorientasi Infrastruktur

Sandiaga Uno Dukung Ekonomi Jokowi Berorientasi Infrastruktur

Jakarta, Obsessionnews – Pertumbuhan ekonomi RI dalam 15 sampai 20 tahun dinilai cukup positif yakni mencapai 6 sampai 8 persen. Kendati demikian di sisi lain, hal itu justru menimbulkan kesenjangan sosial (gini rasio) akibat belum terbangunnya infrastruktur yang merata.

Maka, dengan kebijakan pembangunan infrastruktur nasional dinilai sebagai langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. “Ini yang sudah lama ditunggu oleh dunia usaha. Problema mengenai kesenjangan sosial juga bisa bersolusikan dengan pembangunan infrastruktur,” ujar Ketua Umum Indonesia Forum, Sandiaga Uno di Jakarta, Minggu (5/4/2015).

Sandiaga mendukung orientasi pemerintahan Jokowi-JK dalam membangun ekonomi berfokus pada pembangunan infrastruktur. Seperti dia melihat ada inisiatif yang baik dari pemerintah membangun jalan tol Cikampek- Palimanan dan pembangkit listri 35 megawatt.

“Banyak yang punya anekdot seperti mengirim buah dari Jakarta ke Binjai atau dari Binjai ke Jakarta lebih mahal dua kali lipat daripada mengirim dari Jakarta ke Hongkong misalnya, ini menunjukkan bahwa sistem infrastruktur kita sangat tertinggal,” tutur pengusaha muda ini.

Diakuinya nilai logistik RI pada PDB salah satu yang tertinggi, berarti kata dia sistem distribusi barang, pemasaran produk hasil UMKM dan industri nasional lainnya tidak bisa dilakukan dengan memiliki daya saing tinggi.

Mantan Ketua Umum HIPMI itu melanjutkan sejak terjadi krisis moneter pada 1998 lalu, praktis Indonesia belum bisa membangunan infrastruktur yang massif, akibatnya terjadi ketidakefisienan ekonomi.

“Apa yang terjadi kita tertinggal sekali, jangankan dengan negara-negara dunia maju, dengan negara berkembang maupun negara-negara tetangga kita sangat tertinggal,” katanya.

Pihak swasta kata Sandiaga siap menggalang kemitraan dengan pemerintah dalam hal penyediaan dana bagi pembangunan infrastruktur. Dunia usaha kata dia bisa mampu menggulirkan 85 sampai 90 persen anggaran infrastruktur sedangkan pemerintah paling kurang 10 persen.

“Sebetulnya swasta sudah siap selama ada niat baik dari pemerintah kita siap untuk bahu membahu membangun infrastruktur bersama dengan pemerintah,” tutup Sandiaga. (Has)

Post source : Sandiaga Uno saat diwawancara Obsessionnews.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.