Minggu, 5 Februari 23

Sama Seperti Kuat Ma’ruf, JPU juga Tuntut Ricky Rizal Delapan Tahun Penjara

Sama Seperti Kuat Ma’ruf, JPU juga Tuntut Ricky Rizal Delapan Tahun Penjara
* Ricky Rizal dalam persidangan kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, pada Senin (16/1/2023).

Obsessionnews.com – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) kembali menggelar sidang lanjutan persidangan kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, pada Senin (16/1/2023).

Pada persidangan ini, jaksa penuntut umum (JPU) membacakan tuntutan terhadap dua terdakwa, yakni Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal. Pada sidang sebelumnya, JPU menuntut Kuat 8 tahun penjara.

Sama seperti Kuat JPU juga menuntut Ricky 8 tahun penjara. Jaksa meyakini Ricky bersama-sama dengan Ferdy Sambo melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Baca juga: Sambo Sebut Brigadir J Anak Kurang Ajar dan Pantas Mati

Hal yang memberatkan, Jaksa menilai Ricky berbelit-belit dan tidak menyesali perbuatan. Jaksa juga mengatakan, perbuatan Ricky menyebabkan hilangnya nyawa Brigadir J dan tidak pantas sebagai aparatur penegak hukum.

Dalam kesimpulannya, Jaksa menilai kalau tindakan yang dilakukan Ricky Rizal sudah memenuhi unsur pasal 340 KUHP.

“Kami Jaksa Penuntut Umun menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa perkara dan mengadili perkara memutuskan, menyatakan Ricky Rizal Wibowo terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana turut serta yang direncanakan terlebih dahulu sebagaimana Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 KUHAP ayat (1) ke 1 KUHP. Menjatuhkan pidana terhadap Ricky Rizal terdakwa dengan pidana penjara selama 8 tahun dikurangi masa penangkapan dan menjalani penahanan sementara,” ujar Jaksa dalam persidangan.

Baca juga: Sambo Jadi Saksi Kurniawan dan Agus Terkait Kasus ‘Obstruction of Justice’ Brigadir J

Jaksa menyebut kalau tuntutannya berdasarkan dakwaan primer Pasal 340 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Tuntutan terhadap Ricky Rizal merupakan keyakinan Jaksa atas terdakwa yang seharusnya mengetahui rencana pembunuhan Brigadir Yosua yang disusun Ferdy Sambo.

“Terdakwa wajib mempertanggungjawabkan dan dijatuhi hukuman setimpal dengan perbuatannya,” tegas jaksa.

Sebelum menyampaikan tuntutannya, Jaksa mengungkapkan hal-hal yang memberatkan maupun meringankan terhadap Ricky.

“Hal-hal yang memberatkan yakni menghilangkan nyawa Brigadir Yosua, berbelit-belit selama persidangan, dan tidak pantas dilakukan sebagai anggota Polri,” jelas Jaksa.

Baca juga: JPU Ingatkan Saksi Ahli Meringankan Sambo untuk Tidak Masuk dalam Fakta Persidangan

Sementara hal yang meringankan, Ricky masih muda, masih memiliki anak kecil yang memerlukan bimbingan ayah.

Seperti diketahui, Ricky Rizal merupakan satu dari lima orang terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Keempat terdakwa tersebut adalah adalah Kuat Ma’ruf, Richard Eliezer, Ferdy Sambo, dan Putri Candrawathi. Kelima terdakwa ini didakwa melanggar pasal 340 subsider pasal 338 juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.