Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Salurkan Bantuan Bagi Korban Covid-19 Senilai Rp68,9 M, PKS Tegaskan Tak Pilih Kasih

Salurkan Bantuan Bagi Korban Covid-19 Senilai Rp68,9 M, PKS Tegaskan Tak Pilih Kasih
* Ketua Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) PKS, H Naharus Surur. (Foto: dok PKS)

Jakarta, Obsessionnews.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyalurkan bantuan untuk korban, dan penanganan Covid-19 di berbagai kawasan di Indonesia bahkan untuk warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, senilai Rp68,9 miliar hingga Senin  (25/5/2020) pagi.

Ketua Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) PKS H Naharus Surur menyebutkan nilai bantuan yang diberikan oleh struktur PKS di seluruh provinsi dan struktur PKS di luar negeri akan terus bertambah, seiring penanganan Covid 19 belum usai dan korbannya juga terus berjatuhan.

“Menghadapi Covid-19 ini seperti lari maraton, perlu energi yang kuat sehingga kita harus pintar-pintar mengatur strategi. Insya Allah komitmen kontribusi PKS akan terus berlanjut dan memberikan bantuan, hingga pandemi ini selesai. Bukan hanya berwujud materiil tetapi spirituil, juga bantuan tenaga yang libatkan relawan-relawan PKS, juga advokasi melalui kebijakan untuk menangani Covid-19, dan keberpihakan kepada seluruh kelompok masyarakat korban Covid-19,” ungkap Naharus dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Sekalipun dari sisi jumlah, itu belum dapat mengatasi masalah-masalah terkait Covid-19, tapi Naharus menegaskan bantuan itu menjadi bukti kepedulian PKS untuk membantu meringankan beban penderitaan masyarakat yang terimbas Covid-19.

“Ini sekaligus untuk menyemangati warga serta pihak lain untuk membantu, juga untuk membantu pemerintah melaksanakan kewajibannya kepada masyarakat Indonesia. Semoga energi gorong royong ini akan menjadi tradisi yang terus hidup menguatkan kebersamaan sebagai sesama anak bangsa dan untuk menyelamatkan eksistensi  NKRI dari rongrongan teror Covid-19.

“Kalau ukurannya sekedar jumlah, tentu banyak elemen lain yang jauh lebih banyak. Kita ingin hadirkan energi kebersamaan dan kepedulian yang nyata. Donasi yang dikumpulkan oleh kader-kader PKS dari tingkat pusat hingga tingkat ranting, membuktikan bahwa partai tetap ada untuk bela kepentingan rakyat, bahkan di luar waktu Pilkada/Pileg/Pilpres. Apalagi Indonesia lagi terkena darurat kesehatan. Kurva di Indonesia masih tinggi dan status pandemi, serta bencana nasional masih berlaku. Jangan pernah lelah dan puas berbuat baik untuk umat dan bangsa ini. Kalau kita bergotong royong dan bareng-bareng insya Allah bisa berkontribusi membantu sesama,” tambah Naharus.

Naharus mengatakan, sejak awal terjadi outbreak di Indonesia, Presiden PKS sudah menyerukan tentang keharusan membantu masyarakat Indonesia terdampak Covid-19. Kebijakan ini kemudian diaplikasikan oleh anggota atau kader dari PKS yang menjadi anggota DPR dan DPRD dengan memotong gaji untuk penanganan Covid-19, juga aksi relawan dan simpatisan PKS hingga struktur ranting kelurahan.

“Relawan PKS setiap Ramadhan selalu hadir dengan program Posko Mudik PKS. Tapi sejak awal pandemi Covid-19, seluruh kekuatan struktur dan relawan PKS terkonsentrasi untuk membantu penanganan Covid-19,” jelas Naharus.

Naharus menyebutkan pembagian bantuan diberikan dalam bentuk hand sanitizer, APD, hazmat,masker, vitamin-vitamin yang disalurkan lewat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI), maupun langsung ke RS dan RSUD.

Selain itu, juga dilakukan penyemprotan disinfektan di berbagai wilayah Indonesia, bantuan sembako dan keuangan untuk warga terkena PHK, bantuan juga untuk pengemudi OJOL, pengemudi taksi, petani, nelayan, penggali kuburan, buruh, guru ngaji, marbot masjid dan para ustadz, mahasiswa di LN dan PMI.

Dalam menyalurkan bantuan tersebut sebagian bekerja sama lewat ormas Islam. Bantuan juga diberikan untuk para petugas PSBB seperti kepolisian, relawan, petugas perhubungan. Bantuan-bantuan terkait Covid-19 itu diberikan tanpa membedakan latarbelakang SARA, maupun pilihan politik. Bahkan relawan PKS juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan bukan hanya untuk masjid, tapi juga untuk gereja dan vihara.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada seluruh simpatisan, relawan, kader dan struktur PKS yang telah berkontribusi membantu mensukseskan program ini. Dan mohon doa dan lanjutan dukungan agar PKS dapat lanjutkan komitmen dan pedulinya terkait covid-19 ini,” ujar Naharus.

Dalam waktu yang bersamaan PKS juga menyalurkan paket bantuan Ramadhan dalam bentuk menu makanan buka puasa, sahur serta paket lebaran. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.