Selasa, 28 September 21

Saksi IP-NA Berlapis Amankan Suara Pilgub

Saksi IP-NA Berlapis Amankan Suara Pilgub

Padang, Obsessionnews – Tim pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno – Nasrul Abit (IP-NA) melakukan pengamanan secara berlapis untuk mengamankan suara pasangan yang diusung dua partai tersebut pada pemilihan gubernur 9 Desember 2015.

Calon gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, pengamanan dilakukan secara berlapis, karena tahapan pilkada pada pemungutan suara 9 Desember 2015, sangat krusial. Mengingat tahapan itu sangat krusial, maka kedua partai pengusung sudah mempersiapkannya secara matang jauh hari.

Irwan Prayitno mengatakan, sebagai tanggung jawab untuk mengamankan, melancarkan dan menjadikan demokrasi berjalan baik dan aman, pengamanan surat suara dilakukan secara berlapis.

“Kita lakukan lima lapis untuk mengamankan surat suara. Ada Saksi dan kita buat Riil Count dan Quick Count. Kemudian mengamankan melalui pengacara serta kepanduan/satria. Kelimanya sudah kita lalui semua,” kata Irwan Prayitno dalam keterangan pers kepada wartawan di Posko IP-NA komplek Gelanggang Olah Raga (GOR) Agussalim Padang, Rabu (25/11).

Didampingi Ketua Tim Pemenengan IP-NA, M Yasin, Relawan dan pengurus partai, Irwan Prayitno mengatakan, mensukseskan pilkada secara baik, jujur adil, tanpa ada pelanggaran, penodaan dan rekayasa merupakan harapan semua pihak.

“Itu harapan kita semua, KPU dan rakyat,” ujar Irwan Prayitno.

PKS dan Partai Gerindra melakukan pengamanan secara berlapis, mulai dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ke KPU Sumbar, agar hak rakyat bisa aman.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Pemenangan IP-NA, M Yasin mengatakan, total saksi yang ditempatkan pada pilkada 9 Desember 2015 sebanyak 26.2017 orang.

“Personil yang kami tempatkan untuk pengamana suara mulai dari TPS, PPS, PPK, KPU kabupaten kota hingga KPU provinsi,” kata M Yasin.

M Yasin menjelaskan, dari total saksi tersebut, dua saksi ditempatkan di KPU Provinsi Sumbar, 36 saksi untuk kabupaten/kota se Sumbar dengan perincian masing-masing dua orang per kabupaten/kota). Kemudian, 3.390 saksi ditempatkan di PPS, masing-masing PPS tiga orang. Selanjutnya, 11.121 saksi ditempatkan di TPS dan masing-masing TPS satu orang.

“Jumlah itu ditambah 11.121 Pasukan Pandu Keadilan yang akan ditempatkan di setiap TPS yang akan mengawal suara di TPS, PPS, PPK dan KPU,” ujar M Yasin.

M Yasin berharap, upaya yang dilakukan dapat mengamankan suara pasangan nomor urut dua, hingga rekapitulasi penghitungan suara berakhir. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.