Senin, 8 Maret 21

Sah! KPU Tetapkan Arif Sugiyanto sebagai Bupati Kebumen Terpilih

Sah! KPU Tetapkan Arif Sugiyanto sebagai Bupati Kebumen Terpilih
* Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih menerima surat penetapan sebagai bupati dan wakil bupati Kebumen oleh KPU. (Foto: Albar)

Kebumen, Obsessionnews.com – Rangkaian pemilihan kepala daerah atau Pilkada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, sudah berakhir dengan ditetapkannya Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terpilih oleh KPU Kebumen pada Kamis (21/1/2021) di Hotel Mexolie.

“KPU Kebumen sore ini melakukan rapat pleno penetapan pasangan terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati 2020. Agenda ini sebagai tindak lanjut dari KPU RI menindaklanjuti dari Mahkamah Konstitusi terhadap daerah-daerah yang tidak ada perselisihan, dan Kebumen termasuk daerah yang tidak ada proses perselisihan hasil pemilihan,” ujar Ketua KPU Kebumen Yulianto.

Penetapan Arif-Rista sebagai pasangan bupati dan wakil bupati Kebumen terpilih juga dihadiri dan disaksikan oleh para pimpinan partai pendukung, pimpinan DPRD Kebumen, Komisioner Bawaslu dan juga dari Kapolres dan Dandim 0709 Kebumen, serta para tamu undangan.

Pasangan calon tunggal Arif-Rista dinyatakan sebagai pemenang dalam Pilkada Kebumen 2020. Dengan ditetapkannya Arif-Rista sebagai bupati dan wakil bupati terpilih, maka proses selanjutnya adalah pelantikan yang akan diajukan ke pemerintah pusat.

“KPU Kebumen sudah menyerahkan hasil penetapan pleno ke Ketua DPRD Kebumen, selanjutnya DPRD akan menggelar sidang paripurna untuk menindaklajuti penetapan ini. Baru setelah itu DPRD mengusulkan untuk pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ke pemerintah pusat,” jelasnya.

Yulianto menyatakan tidak tahu kapan persisnya proses pelantikan bupati dan wakil bupati Kebumen berlangsung. Sebab, hal itu sudah bukan lagi menjadi wewenangnya. Namun setahu dia, masa pemerintahan bupati Kebumen saat ini akan berakhir pada 17 Februari 2021.

Sementara itu, Bupati Terpilih Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, pihaknya bersyukur semua tahapan Pilkada di Kebumen sudah selesai, dan berlangsung dengan aman, tertib dan damai. Artinya KPU dan Bawaslu, dibantu TNI dan Polri berhasil menyelenggarakan Pillada dengan baik.

“Dan Alhamdulillah kami sudah menerima surat penetapan, tinggal selanjutnya kami tinggal menunggu pelantikan,” ujar Arif.

Arif menyatakan, proses Pilkada yang ia hadapi saat ini memiliki tantangan tersendiri karena dilaksanakan dalam keadaan pandemi corona. Sehingga semua aktivitas politik semua dibatasi. Sedangkan, pihaknya harus bisa memastikan dan meyakinkan visi misi itu sampai kepada masyarakat.

“Dalam proses kampanye itu beberapa strategi sudah kita terapkan, misalnya dengan IT, dan dengan melibatkan pihak-pihak terkait yang sudah terstruktur dengan baik,” ucapnya.

“Dan Alhamdulillah sampai saat ini Pilkada Kebumen tidak ada gugatan, sudah clear dan clean sampai diberikan surat penetapannya,” jelas Arif.

Terkait implementasi visi misi, Arif menyatakan, pihakya juga sudah melakukan rapat-rapat dengan jajaran OPD tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Termasuk menggelar pertemuan dengan para camat dan kepala desa seluruh Kebumen. Ini dilakukan dalam rangka penyesuaian visi misi bupati terpilih.

Senanda dengan Arif, Ristawati atau Rista menyatakan siap mendukung penuh apa yang menjadi kebijakan bupati dalam rangka memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kebumen.

“Setelah kami dilantik, kami akan menjalankan tugas ini dengan cepat sesuai visi misi yang sudah kami buat,” ucap Rista.

Rista juga menyatakan, siap meneruskan program bagus yang sudah dijalankan oleh Arif selama menjadi Wakil Bupati Kebumen. Ia siap untuk menjalankan peranya sebagai wakil bupati sesuai bimbingan dan arahan Arif Sugiyanto sebagai Bupati Kebumen. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.