Sabtu, 28 Mei 22

Sah Jadi Ketua DPD RI, Ini Janji Mohammad Saleh

Sah Jadi Ketua DPD RI, Ini Janji Mohammad Saleh

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali resmi melantik Mohammad Saleh sebagai Ketua DPD menggantikan Irman Gusman. Ia terpilih setelah mendapatkan suara terbanyak pada sidang paripurna luar biasa DPD Selasa (11/10/2016) malam.

Senator asal Bengkulu ini berjanji akan memenuhi kewajibannya sebagai Ketua DPD dan siap menjalankan amanat UU dengan baik, yakni tidak menyalahgunakan kewenangannya untuk kepentingan sendiri, kelompok dan orang lain yang bisa merugikan bangsa dan negara.

‎”Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan UUD RI 1945 serta peraturan perundang-undangan. Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi daerah untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI,” kata Saleh di Gedung DPD, Rabu (12/10/2016).

Sedianya Saleh dilantik pada Selasa malam, namun, Ketua MA berhalangan hadir. Hatta menjelaskan pelantikan baru dilakukan karena memang surat yang dikirimkan DPD baru sampai pagi tadi. Semalam ia sendiri mengaku belum tahu siapa yang akan dilantik.

“Kami berpatokan pada surat siapa yang terpilih. Masa saya datang tak tahu siapa yang terpilih, siapa yang dilantik. Nah kan harus jelas siapa yang dilantik dan siapa yang mengundang,” jelasnya.

Sebelumnya, Irman sempat menyurat Mahkamah ‎Agung agar tidak melantik Ketua DPD yang terpilih. Alasanya, ia tengah mengajukan gugatan pra peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Irman pelantikan harus menunggu keputusan sidang praperadilan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.