Sabtu, 20 April 24

Sabet Penghargaan UHC, Pemkot Banda Aceh Berupaya Tingkatkan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat

Sabet Penghargaan UHC, Pemkot Banda Aceh Berupaya Tingkatkan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat
* Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menyabet penghargaan atau Universal Health Converage (UHC ) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang digelar di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, (14/3/2023). (Foto: ist)

Obsessionnews.com –  Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh mengukir prestasi cemerlang dengan menyabet penghargaan atau Universal Health Converage (UHC ) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang digelar di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, (14/3/2023).

 

Baca juga: Wapres Berikan Penghargaan kepada Pemda Berstatus UHC

 

Penghargaan UHC diberikan kepada pemerintah daerah dengan cakupan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan minimal 95% dari jumlah penduduk.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan langsung penghargaan UHC kepada 22 provinsi se-Indonesia. Sedangkan penghargaan bagi 344 pemerintah daerah (pemda) peraih UHC diserahkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasinya kepada para penerima penghargaan, karena telah mendukung keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Tercapainya UHC di suatu daerah dapat menunjukkan komitmen pemda dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program JKN. Salah satu instruksi presiden kepada gubernur dan bupati/wali kota adalah mendorong target RPJMN. Yaitu 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada 2024.

Dikutip obsessionnews.com dari website dinkes.bandaacehkota.go.id, Rabu (15/3), Pj Walikota Banda Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Lukman menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mewujudkan capaian UHC sehingga seluruh masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Menurut Lukman, keberhasilan Pemkot Banda Aceh mendapat penghargaan UHC berkat kesadaran dan kerja sama yang baik antara Pemkot Banda Aceh dengan lintas sektor dan juga seluruh masyarakat,” ujarnya.

Lukman juga berharap dengan tercapainya UHC di Kota Banda Aceh dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita terus berupaya meningkatkan akses pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kota Banda Aceh. Semoga UHC di Kota Banda Aceh terus dapat dipertahankan sehingga semua lapisan masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang bermutu,” ujarnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.