Rabu, 27 Oktober 21

Sabar Gorky Hadapi Suhu Dingin di Gunung Aconcagua

Sabar Gorky Hadapi Suhu  Dingin di Gunung Aconcagua

Argentina, Obsessionnews Tekad pendaki tunadaksa Sabar Gorky dan para pendaki Marinir TNI AL untuk menaklukan Gunung Aconcagua, gunung tertinggi di Benua Amerika, sudah separuh jalan.

“Hari ini Sabar Gorky dan para pendaki dari Korps Marinir sedang beristirahat penuh di Plaza de Mulas di ketinggian 4.250 mdpl dengan suhu minus satu derajad celcius,” jelas Manajer Ekspedisi Indonesia Raya, Dar Edi Yoga, Selasa, (29/2).

Kondisi seluruh pendaki, jelas Dar Edi Yoga, dalam keadaan sehat setelah sehari sebelumnya melakukan aklimatisasi sekaligus droping logistik di Camp Canada di ketinggian 4.900 mdpl.

“Perjalanan ke Camp Canada selama 6 jam pulang-pergi, dimana masing-masing pendaki membawa beban 15 kilogram kebutuhan logistik yang ditaruh di Camp Canada,” jelas Dar Edi Yoga, seperti siaran pers yang diterima redaksi obsessionnews.com.

baca juga:

Pendaki Tunadaksa Sabar Gorky Berjuang Taklukan Aconcagua

Tim Ekspedisi Indonesia Raya ke Argentina

Sumpah Pemuda, Mahasiswa UPI Daki 7 Gunung

Setelah beristirahat di Plaza de Mulas, lanjut Dar Edi Yoga, Senin malam waktu Indonesia atau Senin pagi waktu Argentina para pendaki akan melanjutkan pendakian ke Camp Plaza Canada pada ketinggian 4.900 mdpl dan bermalam. Keesokan harinya Sabar Gorky dan Marinir akan melakukan aklimatisasi ke Camp Nido de Condores di ketinggian 5.400 mdpl.

“Dari Camp Nido De Condores para pendaki akan turun kembali ke Camp Canada dan baru pada tanggal 2 Maret para pendaki bermalam di Camp Nido de Condores,” ujar Manajer Ekspedisi Indonesia Raya.

Untuk summit atack, Dansatgas Letkol Marinir R Saragih dan para guide memutuskan untuk menambah satu atau dua guide khusus untuk mendampingi pendaki tunadaksa Sabar Gorky agar dapat mencapai puncak Aconcagua dengan aman.

Adapun anggota pendaki yang tergabung dalam Ekspedisi Indonesia Raya ini terdiri dari, Sabar Gorky, Letkol Marinir R Saragih, Kopda (Mar) Sigit Purwoko, Kopda (Mar) Imam Rozikin, Praka (Mar) Erlando B., dan Praka (Mar) Didik Rudiyanto, Asep Sumantri dan Syatiri Achmad Aswani.

Dengan ketinggian mencapai 6.962 meter diatas permukaan laut (Mdpl), Aconcagua merupakan gunung tertinggi di Amerika Selatan dan gunung tertinggi kedua pada daftar gunung-gunung Seven Summit yang saat ini menjadi tujuan pendaki tunadaksa Sabar Gorky dan para pendaki TNI lainnya.

Gunung Aconcagua adalah gunung tertinggi di benua Amerika, terletak bersebelahan dengan pegunungan Andes, di propinsi Mendoza, Argentina. Letak persisnya sekitar 15 km dari perbatasan dengan Chile atau sekitar 75 km arah timur laut dari Santiago, ibukota Chile.

Di sekeliling gunung ini terdapat ‘Aconcagua Provincial Park’ dan di puncak gunung terdapat salju abadi yang sangat luas terbentang sekitar 10 km.

Bagi para pendaki, jalan paling mudah untuk ditempuh adalah dari bagian utara melalui jalan yang normal. Pilihan yang kedua adalah jalan yang dikenal dengan sebutan “Falso de los Polacos”. Tetapi banyak juga para pendaki memilih jalan yang paling populer adalah melalui Polish Glacier itu sendiri. (rez)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.