Jumat, 3 Februari 23

Saatnya Memajukan Riset

Oleh: Faisal Basri, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI)

 

Salah satu ujung tombak peningkatan daya saing dan kemajuan industri adalah perbaikan kualitas produk dan produktivitas secara berkelanjutan. Kemampuan itu bergantung pada kemampuan inovasi lewat riset dan pengembangan (R & D).

Jumlah aplikasi paten mencerminkan daya inovasi. Korea Selatan merupakan negara yang terbanyak mengajukan aplikasi paten. Pertumbuhannya pun terpesat dalam 25 tahun terakhir. Di luar Jepang, Amerika Serikat dan Jerman, negara kecil tetangga dekat kita, Singapura, menduduki urutan kedua. Negara kecil lainnya, Hongkong berada di urutan ketiga.

Empat negara ASEAN di luar Singapura lebih agresif mengajukan aplikasi paten ketimbang Indonesia. India juga lebih banyak mengajukan aplikasi paten ketimbang Indonesia. Hanya Pakistan yang berada di bawah Indonesia

patent

Jika kita hendak memajukan penemuan baru, mau tak mau jumlah scientists dan engineers harus meningkat signifikan. Juga tentunya pengeluaran untuk R&D. Peraga di bawah menunjukkan tidak ada negara yang lebih rendah dari Indonesia. Kalau pada peraga di atas Indonesia sedikit lebih baik dari Pakistan, pada peraga di bawah Indonesia kalah dengan Pakistan.

ppi

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.