Kamis, 9 Desember 21

RUU Tax Amnesty Masih Temui Jalan Buntu

RUU Tax Amnesty Masih Temui Jalan Buntu

Jakarta, Obsessionnews – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto belum bisa memastikan kapan Rancangan Undang-Undang Pengampunan Pajak (tax amnesty) disahkan. Sebab, masih terjadi perdebatan dikalangan fraksi DPR sehingga belum menemui kata sepakat.

“Belum tahu, karena masih belum sepakat di seluruh fraksi, masalah tax amnesty,” tutur Agus di DPR, Senin (6/6/2016).

Padahal sesuai target RUU ini akan di diimplementasikan Juli 2016. Agus berharap seluruh fraksi di DPR segera menemui kata sepakat, sehingga RUU ini bisa disahkan menjadi UU.

“UU ini dibutuhkan untuk mendongkrak pendapatan negara,” katanya.

‎Hanya saja, politisi Partai Demokrat ini pemerintah perlu perlu memikirkan berapa anggaran yang dapat masuk ke negara dengan diberlakukannya pengampunan pajak ini. Sebab, dana yang masuk dari tax amnesty akan dimasukkan dalam APBN dan direalisasikan melalui APBN-P.

Berdasarkan rencana yang dikeluarkan pemerintah dari implementasi tax amnesty ini, akan ada sekitar Rp 193 triliun sebagai pendapatan negara. Dia menilai kalau memang jumlah pemasukan negara sebesar itu, akan memberikan manfaat pada APBN.

“Untuk itu harus dikaji secara hukum, secara aturan, secara peraturan perundang-undangan serta good governance,” kata dia.

Sementara itu, di tingkat DPR hanya fraksi Gerindra uang menolak RUU Tax Amnesty. Fraksi lain seperti PDI-P dan PKS juga banyak memberikan catatan kritis, sebelum memutuskan untuk mendukung Tax Amnesty. RUU ini masih dibahas di Badan Legislasi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.