Minggu, 5 Desember 21

RUU Pengampunan Pajak di DPR Disandera

RUU Pengampunan Pajak di DPR Disandera

Jakarta, Obsessionnews – Pengamat Perpajakan dari Universitas Pelita Harapan, Roni Bako menduga ada sesuatu yang tersandera di DPR RI sehingga Rancangan Undang-Undang Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty belum juga disahkan dan masih berada di Panitia Kerja.

Padahal menurutnya, RUU penting untuk segera disahkan karena menyangkut penambahan anggaran pendapatan belanja negara perubahan.

“Kalau masih digantung, (APBN-P) bisa deadlock (buntu). Artinya, arah pembangunan dan program kerja pemerintah bisa terganggu,” kata Roni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/6/2016).

Roni pun mempertanyakan pembahasan RUU Tax Amnesty yang terkesan berlarut-larut. Padahal, menurut dia, kebijakan ini merupakan program penting yang harus dijalankan.

Apalagi, dalam jangka waktu pendek, tentunya akan mengakselerasi penerimaan negara. “Sebenarnya niat DPR itu seperti apa? Opsi pemerintah (jika tax amnesty tidak berjalan) itu berarti memotong anggaran, karena tidak ada penambahan anggaran,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto sebelumnya mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan RUU ini akan disahkan. Sebab, belum ada titik temu antar fraksi di DPR.

“Belum tahu, karena masih belum sepakat di seluruh fraksi, masalah Tax Amnesty,” kata Agus pada Senin (6/6/2016) lalu.

Padahal sesuai target RUU ini akan di diimplementasikan Juli 2016. Agus berharap seluruh fraksi di DPR segera menemui kata sepakat, sehingga RUU ini bisa disahkan menjadi UU.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.