Rabu, 8 Februari 23

Rutinitas Liburan, Puncak Penuh Kendaraan Bermotor

Rutinitas Liburan, Puncak Penuh Kendaraan Bermotor
* Macet di Simpang Gadog, Kab. Bogor saat Lebaran hari Kedua 2016

Bogor, Obsessionnews.com-Libur Idul Fitri selain dimanfaatkan masyarakat untuk beristirahat, juga digunakan sebagian orang ke kawasan Puncak, kabupaten Bogor, atau Sukabumi, Jawa Barat.

Sayangnya akses ke ke tempat itu selalu dipenuhi kendaraan mereka yang hendak bersilaturahmi dan berliburan. Penyebabnya, pada saat bersamaan mereka keluar dan mengakibatkan kemacetan panjang di kawasan Simpang Ciawi ke arah Sukabumi dan Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, bagi mereka yang menuju Puncak atau Cianjur.

Tapi sepertinya masyarakat sudah terbiasa dengan hal ini, bahkan mungkin menikmatinya. Sudah dianggap sebagai rutinitas tahunan.

Polres Bogor pun memberlakukan jalur satu arah ke arah Puncak. Bagi mereka yang hendak pulang ke Bogor atau Jakarta, terpaksa melalui Jonggol, atau melalui jalan sekitar Puncak. Tapi umumnya orang belum tahu, atau malas melewati jalur alternatif sekitar Puncak karena jalannya cukup berbahaya, dekat dengan jurang.

Atau bisa juga menggunakan angkutan umum, biasanya ada di sekitar simpang Gadog atau perempatan Ciawi, jika ingin menuju ke Jakarta lewat Bogor. Sampai di Bogor, bisa naik kereta dari Stasiun Bogot atau bus ke Jakarta dari terminal Baranangsiang.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji di Simpang Gadog, Kab. Bogor, Kamis (7/7/2016)
Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji di Simpang Gadog, Kab. Bogor, Kamis (7/7/2016), 

Kasat Lantas Pores Bogor, AKP Bramastyo Priaji mengatakan bagi masyarakat yang hendak libur lebaran melewati Jl Raya Puncak, sebaiknya berangkat subuh. “Karena pukul 8.00 pagi jalur ini sudah penuh,” jelasnya di Jl Raya Puncak, Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, pada Kamis (7/7/2016).

Kendaraan dari arah Jalan Tol Jagorawi atau dari arah Tajur, Bogor bertemu di Simpang Gadog, sehingga terjadilah kemacetan, lanjut Bramastyo.

Polres Bogor juga menghimbau masyarakat agar berhati-hati di jalan, kendaraan harus dalam kondisi prima, begitu juga pengemudinya. “Dalam situasi macet, orang akan mudah kehilangan konsentrasi mengemudi karena lelah dan jenuh. Jika sudah begini akan rawan terjadi kecelakaan,” jelas dia.

Jika memang lelah, bisa beristirahat dengan memanfaatkan rest area yang ada di sepanjang jalan raya Puncak, tandas Bramastyo. @baronpskd

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.