Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Rusuh Lagi Saat Kampanye Donald Trump

Rusuh Lagi Saat Kampanye Donald Trump
* Bentrokan meletus antara pendukung dan penentang Trump, mengakibatkan dikerahkannya pasukan anti huru-hara. (BBC)

California – Ratusan pengunjuk rasa menerobos barikade dan melemparkan telur-telur kepada polisi di halaman sebuah hotel California tempat calon Partai Republik terunggul, Donald Trump dijadwalkan berbicara dalam konvensi Partai Republik negara bagian itu.

Seperti dilansir BBC, demonstrasi di kota Burlingame itu mengakibatkan tertundanya pidato pengusaha kaya raya itu. Donald Trump sampai harus memasuki hotel melalui pintu belakang.

Menjelang pidato pada hari Jumat, helikopter media menunjukkan Trump dan tim pengamannya melintasi jalan tol sebelum memasuki hotel melalui pintu samping.

Namun di atas panggung, Trump membuat lelucon tentang para pengunjuk rasa, “itu tadi bukan pintu masuk termudah yang pernah saya lintasi.”

Pagar-pagar pembatas diruntuhkan oleh para pengunjuk rasa. (BBC)
Pagar-pagar pembatas diruntuhkan oleh para pengunjuk rasa. (BBC)

“Saya merasa seperti melintasi perbatasan,” katanya, dan bahwa ia berjalan melalui “kotoran dan lumpur” untuk sampai ke bangunan itu.

Banyak pengunjuk rasa di luar mempermasalahkan posisinya soal imigrasi. Trump menganjurkan membangun tembok perbatasan dengan Meksiko yang katanya harus dibiayai oleh Meksiko.

Dia juga menyebut orang-orang Meksiko sebagai ‘pemerkosa’ dan penjahat yang membawa obat-obatan terlarang ke Amerika Serikat. Sejumlah kampanye Trump diwarnai berbagai kekerasan.

Pada hari Kamis (28/4), sebuah mobil polisi dipecahkan jendelanya saat Trump berbicara di dalam sebuah aula di Fairgrounds Orange County di Costa Mesa. Sekitar 20 orang ditangkap.

Berbagai acara Donald Trump ditandai unjuk rasa dari para penentangnya. (BBC)
Berbagai acara Donald Trump ditandai unjuk rasa dari para penentangnya. (BBC)

Donald Trump sangat tidak populer di kalangan pemilih Latino, dan California memiliki populasi Meksiko-Amerika yang besar.

Protes dan unjuk rasa diperkirakan akan terus berlanjut sampai pemilihan pendahuluan California diselenggarakan pada tanggal 7 Juni.

Sejumlah acara kampanye Trump di St. Louis dan Chicago, bulan Maret lalu juga terpaksa dibatalkan akibat munculnya berbagai unjuk rasa. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.