Kamis, 2 Desember 21

Rupiah Dibuka Melemah Jadi Rp 13.015/USD

Rupiah Dibuka Melemah Jadi Rp 13.015/USD

Jakarta, Obsessionnews – Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Senin pagi melemah 55 poin dari posisi terakhir pekan lalu menjadi Rp13.015 per dolar AS. Baca juga: Rupiah Dibuka Masih Lemah, Rp 12.950/USD

“Volatilitas rupiah cukup tinggi, angka inflasi April tahun ini ditunggu pelaku pasar uang, inflasi yang meningkat berpeluang menambah tekanan terhadap rupiah,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta.

Ia menambahkan pekan ini para pelaku pasar menanti data-data ekonomi seperti inflasi dan produk domestik bruto kuartal I 2015, yang jika hasilnya kurang baik akan membuat pasar uang diliputi oleh sentimen negatif.

Di sisi lain, lanjut dia, penguatan dolar AS terhadap mayoritas mata uang dunia, termasuk rupiah, lebih tinggi dari ekspektasi.

Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong mengatakan faktor eksternal masih membayangi pergerakan nilai tukar rupiah, terutama sentimen dari belum adanya kepastian mengenai waktu kenaikan suku bunga Amerika Serikat.

Kendati demikian, menurut dia, tekanan terhadap rupiah bersifat sementara karena sebagian pelaku pasar yakin data inflasi serta neraca perdagangan Indonesia akan positif.

Di sisi lain, ia mengatakan, Bank Indonesia masih melakukan intervensi di pasar valas domestik untuk menjaga pergerakan nilai tukar rupiah. (ant)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.