Minggu, 19 September 21

Rumah Warga di Solsel Terendam Banjir

Rumah Warga di Solsel Terendam Banjir

Padang, Obsessionnews – Banjir yang merendam perkampungan warga di Kampung Palak, Kampung Tarandam dan Lawe Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar) sudah berangsur susut. Banjir menggenangi tiga kampung itu terjadi pada Sabtu (7/11) malam sekitar pukul 21:00 WIB.

Kepal Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Pagar Negara, banjir menggenangi perkampungan warga akibat hujan deras yang terjadi sejak Sabtu siang.

“Informasi yang kita terima hujan lebat terjadi sejak siang. Sekitar jam 21:00 WIB terjadi luapan sungai Mudik Lawe, Sungai Sipotu dan Sungai Mudiak Lolo. Hujan masih turun sampai Minggu pagi,” kata Pagar Negara kepada obsessionnews.com Minggu (8/11) sekitar pukul 15:40 WIB.

solsel2

Selain menggenangi rumah warga, Infrastruktur jalan juga rusak, tebing longsor. Panjang jalan yang rusak mencapai 20 meter di Mudiak Lawe. Jalan tersebut putus akibat terkikir air saat hujan deras terjadi.

Setelah banjir susut petugas dari BPBD, TNI/Polri langsung bekerja di lokasi bersama masyarakat. “Penanganan yang segera di kerjakan, memperbaiki tebing dekat sekolah. Tebing dekat sekolah terkikis yang kebetulan sekolah berada di atas tebing pantulan air. Penanganannya menjadi perioritas dilakukan,” kata Pagar Negara.

Memasuki musim penghujan, BPBD kabuoaten kota diminta untuk lebih siaga dalam menghadapi kemungkinan terjadi banjir, longsor di daerah masing-masing. Sejumlah daerah yang beroptensi terjadi banjir dan longsor Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Solsel, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dan Kota Padang.

“Potensi longsor dan banjir di daerah itu berada diatas normal. BPDB stempat diminta waspada dan segera berkoordinasi dengan camat apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi,” ujar Pagar Negara. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.