Minggu, 5 Desember 21

Rumah Sakit Tetap Buka Saat KAA

Rumah Sakit Tetap Buka Saat KAA

Bandung, Obsessionnews – Saat peringatan Konferensi Asia Afrik (KAA) digelar, Rumah Sakit tetap buka. Begitupun pelayanan yang mendasar tetap buka.  Penjelasan tersebut disampaikan Walikota Bandung Ridwan Kamil di Masjid Raya Bandung, Jumat (17/2/2015).

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan hal ini terkait usulan hari libur pada Jumat 24 April 2015 pada saat penyelenggaraan KAA ke-60 di Kota Bandung.

Ia menerjemahkan usulan hari libur tersebut dengan mengatakan bahwa ide untuk meliburkan hari Jumat bukan berasal dari Pemerintah Kota Bandung melainkan ide ini berasal dari Polri kepada Presiden. Dan Jokowi pun mengusulkan kepada Ridwan Kamil.

“Polri mengusulkan ke presiden agar di Bandung tanggal 24 diliburkan, presiden menginstruksikan ke saya ( Ridwan Kamil). Saya menerjemahkan ini bukan dari ide Pemkot Bandung, ini ide dari Polri ke presiden lalu ke saya,” jelas Kang Emil.

Pria yang sering disapa Emil ini menambahkan bahwa ia telah menanyakan ke Jokowi perihal perlunya surat Kepres untuk kepastian hari libur di hari Jumat nantinya. “Saya tanya ke pak presiden perlu ada surat apa enggak, katanya  engga perlu, Pak Walikota aja langsung,” tambahnya.

Ia pun menyatakan, nantinya tidak semua perusahaan dapat diliburkan pada saat KAA. Ia masih mengkaji tempat-tempat dan perusahaan mana saja yang baik untuk diliburkan.

“Hari libur ini masih di kaji, karena tidak semua libur. Yang emergency rumah sakit, pelayanan-pelayanan dasar tidak perlu libur dan semua normal lagi jam 6 sore. Karena kan puluhan tamu negara ini berakhir jam lima atau jam enam-an lah saat KAA, sehingga toko apapun bisa buka, itu arahannya,” ujarnya.

rk gedebage

Pada saat penyelenggaraan KAA, nantinya Ridwan Kamil sesuai arahan dari Jokowi akan mengizinkan masyarakat Bandung untuk menyaksikan acara KAA. “Presiden mengarahkan agar rakyat boleh melihat saat KAA. Kan kalau dulu kita hanya batasi anak Sekolah Dasar saja. Tinggal keamanan secara terbuka di atur,” imbuhnya.

Kang Emil juga memberikan penjelasan kepada masyarakat yang ingin menyaksikan KAA agar berjejer dengan tertib di rute-rute yang nanti akan diberitahukan.

“Jadi dengan ini saya bikin statement, warga Bandung silahkan nanti berjejer di rute-rute yang nanti kami akan beritahu jam berapa supaya bisa melihat para presiden Asia Afrika, karena 10 tahun sekali kan peristiwa langka,” jelasnya.

Namun ia juga menerangkan bahwa untuk area historical walk dari Hotel Savoy Homann masyarakat tidak bisa berada di tempat tersebut sebagai  rute jalan kaki para delegasi dan tamu undangan KAA. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.