Senin, 29 November 21

Rumah Budaya Fadli Zon Koleksi Batu Akik Asal Suliki dan Sungaidareh

Rumah Budaya  Fadli Zon Koleksi Batu Akik Asal Suliki dan Sungaidareh

Tanah Datar, Obsessionnews – Koleksi Rumah Budaya Fadli Zon di Aie Angek, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), bertambah satu lagi. Koleksi itu berupa batu akik yang sedang booming dalam setahun terakhir. Tujuannya memberi apresiasi atas minat masyarakat Sumbar terhadap batu mulia tersebut.

Manajer Rumah Budaya Fadli Zon, Edin Hadzalic, melalui siaran pers yang diterima Redaksi obsessionnews.com, Senin (20/4/2015), mengatakan, koleksi batu akik yang dikoleksi itu berasal dari Suliki dan Sungaidareh. Di Sumbar, kedua daerah ini dikenal sebagai produsen batu akik yang gaungnya sampai ke mancanegara.

Batu akik  Sungaidareh
Batu akik Sungaidareh

“Bertambahnya koleksi Rumah Budaya ini juga bermaksud memperkenalkan batu akik Suliki dan Sungaidareh, khususnya bagi tamu-tamu yang berkunjung ke Rumah Budaya,” tutur Edin.

Batu akik Suliki
Batu akik Suliki

Dia menjelaskan, koleksi batu akik Suliki dan Sungaidareh itu didapatkan langsung dari kedua daerah tersebut. Koleksi yang tersedia di Rumah Budaya berupa batu bongkahan maupun batu yang sudah siap pakai.

“Semoga koleksi batu akik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Rumah Budaya dan bisa menjadi bahan promosi pariwisata Sumbar,” katanya berharap.

Sementara itu, Direktur Rumah Budaya Fadli Zon, Elvia Desita, mengatakan, Rumah Budaya Fadli Zon diresmikan pada 4 Juni 2011. Salah satu koleksi unggulannya yaitu 100 keris Minangkabau yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Sumbar. Keris itu di antaranya Keris Luk Sembilan asal Pagaruyung yang dibuat pada abad ke-18.

Selain keris, ada songket corak Minangkabau tempo dulu, juga ada 700 lebih judul buku bersejarah yang bertema Minang, sejumlah lukisan kuno, termasuk fosil kerbau berusia dua juta tahun dan fosil-fosil kayu yang telah menjadi batu.

“Rumah Budaya telah menjadi salah satu kantong kebudayaan di Ranah Minang yang keberadaannya diharapkan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Elvia. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.