Kamis, 6 Oktober 22

RSUD Jadi Rumah Sehat Bukan Hanya Penjenamaan, Tapi Sebuah Transformasi

RSUD Jadi Rumah Sehat Bukan Hanya Penjenamaan, Tapi Sebuah Transformasi
* Senator DKI Jakarta Fahira Idris

Obsessionnews – Anggota DPD RI yang juga Senator DKI Jakarta menyambut baik pencanangan penjenamaan rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di lima wilayah DKI Jakarta menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain istilah “Rumah Sehat” lebih tepat, bagi Fahira penjenamaan ini adalah sebuah transformasi agar pelayanan kesehatan di Jakarta tidak hanya kuratif dan rehabilitatif, tetapi menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

“Saya memandang, penjenamaan RSUD menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta bukan hanya sebuah branding, tapi menghendaki atau mendorong terjadi transformasi pelayanan kesehatan di Jakarta yang menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Artinya, Rumah Sehat untuk Jakarta harus melakukan penyelenggaraan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif). Ini sebuah terobosan baik dan patut didukung,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (3/8).

Menurut Fahira Idris, transformasi lain yang dikehendaki dari penjenamaan RSUD menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta adalah agar semua fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemprov DKI Jakarta mempunyai kemampuan untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam meningkatkan kesehatan dan mencegah masalah-masalah kesehatan serta mengembangkan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menjadikan pelayanan prima sebagai standar dalam melayani warga atau sering disebut dengan istilah hospitality.

“Jika transformasi pelayanan kesehatan lewat Rumah Sehat untuk Jakarta ini terwujud, maka visi besar bangsa ini yaitu mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat bisa lebih dipercepat pencapaiannya. Kita semua tahu, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat masih menjadi PR besar bangsa kita sejak merdeka. Oleh karena itu, memang harus ada perubahan paradigma agar implementasi di lapangan bisa berjalan efektif sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin berkualitas. Jakarta sudah memulainya,” pungkas Fahira Idris.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan penjenamaan rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di lima wilayah DKI Jakarta menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta untuk mengubah pola pikir masyarakat agar berorientasi pada hidup sehat saat mendengar ‘Rumah Sehat’. Pencanangan ini dilakukan di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022).

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.