Jumat, 26 April 24

Robot Cantik Jadi Debt Collector, Lebih Hebat dari Manusia

Robot Cantik Jadi Debt Collector, Lebih Hebat dari Manusia
* Robot cantik Cui Xiaopan. (Oddity Central/dream.co.id)

Perusahaan real estat raksasa China, Vanke Group, baru-baru ini mengumumkan karyawan terbaik mereka selama tahun 2021. Namun, keputusan mereka memicu kontroversi karena yang dinobatkan menjadi karyawan terbaik bukanlah manusia, melainkan robot yang diberi nama Cui Xiaopan.

Dikutip dari Oddity Central, Jumat (4/2/2022), Cui Xiaopan adalah robot perempuan berparas cantik yang terlihat seperti berusia 20-an. Tugas Xiaopan di Vanke adalah menjadi penagih utang, alias debt collector.

Robot Xiaopan dikembangkan oleh tim internal menggunakan toolkit dari Xiaoice, yakni sistem artificial intelligence (AI) milik Microsoft. Cui Xiaopan digambarkan sebagai seorang wanita muda dan bergabung dengan departemen akuntansi Vanke pada bulan Februari 2021.

Kinerja robot debt collector ini tak perlu diragukan. Cui Xiaopan berhasil melampaui kinerja manusia dengan selisih yang cukup besar. Vanke Group mencatat tingkat keberhasilan robot ini mencapai 91,44 persen dalam hal menagih dan mengumpulkan pembayaran yang telah jatuh tempo.

“Di bawah dukungan algoritme sistematis, dia dengan cepat mempelajari metode manusia untuk menemukan masalah dalam prosedur kerja dan data, ia juga telah menunjukkan keahliannya ratusan ribu kali lebih banyak daripada manusia,” ungkap Yu Liang, ketua dewan direksi Vanke Group.

Cui Xiaopan dinobatkan sebagai karyawan terbaik dari total 140 ribu karyawan yang ada di Vanke Group.

Hal itu benar-benar menjadi kontroversi dan menuai beragam pendapat dari publik. Beberapa orang memuji kecanggihan teknologi AI tersebut, namun beberapa lainnya berpendapat bahwa pekerja manusialah yang sebaiknya harus lebih dihargai. (Dream.co.id/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.