Senin, 18 Januari 21

Roadmap Vaksinasi Masuk Tahap Finalisasi

Roadmap Vaksinasi Masuk Tahap Finalisasi
* Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito (Foto : Humas)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, pemerintah menyatakan akan memiliki roadmap atau peta jalan terkait vaksinasi nasional. Dengan mengacu pada roadmap yang saat ini tengah difinalisasi tersebut diharapkan masyarakat nantinya bisa mendapatkan vaksin dengan mudah sehingga wabah covid-19 bisa segera teratasi. Dengan cara itu maka aspek kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya diharapkan bisa kembali pulih seperti semula.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Rabu (4/11/2020). Dia menjelaskan roadmap mencakup kandidat vaksin, dan penyusunan tahapan prioritas penerima vaksin. Dalam penyusunan roadmap tersebut pemerintah mengklaim telah mempertimbangkan berbagai hal dan masukan dari berbagai pihak.

“Dengan berbagai pertimbangan seperti ketersediaan vaksin, jumlah penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian dan indeks pemakaian. Selain itu, roadmap mencakup perkiraan skema platform vaksin dan sasaran klaster kelompok, estimasi kebutuhan dan rencana pemberian vaksin,” ujar Wiku.

Demi mencapai efektifitas vaksin yang maksimal, maka roadmap juga memperhatikan cold chain atau rantai dingin vaksin, dan kapasitas SDM yang melibatkan beberapa jenis tenaga kesehatan termasuk vaksinator. Telah disiapkan juga jejaring layanan untuk menjamin aliran distribusi dengan melibatkan lintas sektor.

Wiku juga menambahkan bahwa pemerintah telah mengkaji hal-hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan dalam persiapan vaksinasi nasional. Hal itu bertujuan memastikan keamanan dan ketersediaan serta mekanisme penyuntikan vaksin.

“Kehadiran vaksin adalah angin segar untuk kita semua, tetapi hingga vaksin siap. Bahkan meskipun vaksin sudah ada dan siap, kita pastikan masyarakat dan pemerintah mematuhi protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan primer,” pungkas Wiku. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.